Selasa 04 Jul 2023 08:59 WIB

Gerrard Langsung Incar Juniornya Sekaligus Kapten Liverpool untuk Gabung Al Ettifaq

Gerrad secara mengagetkan bersedia menjadi pelatih klub Arab itu.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Steven Gerrard dan Jordan Henderson saat masih menjadi penggawa Liverpool.
Foto: www1.skysports.com
Steven Gerrard dan Jordan Henderson saat masih menjadi penggawa Liverpool.

REPUBLIKA.CO.ID, DAMMAM -- Pelatih baru Al-Ettifaq Stevan Gerrard menargetkan kapten Liverpool Jordan Henderson agar bersedia pindah ke Arab Saudi untuk bergabung dengannya. Al-Ettifaq tak ingin kalah dengan klub-klub Arab Saudi lainnya yang berani mengeluarkan uang besar untuk mendatangkan bintang-bintang Eropa.

Gerrard juga mengincar Philippe Countinho dari Aston Villa sekaligus bereuni bersama pemain asal Brazil tersebut. Disamping itu, Gerrard juga memantau striker Atletico Madrid Alvaro Morata sebagaimana laporan dailymail, dilansir dari Mirror, Selasa (4/7/2023). Namun target utamanya adalah mendatangkan Henderson.

Baca Juga

Gerrard bermain bersama Henderson di masa senja kariernya sebagai pemain sepakbola profesional. Henderson menjadi bagian penting dari kesuksesan The Reds di bawah asuhan Jurgen Klopp. Kontrak Henderson di Anfield tersisa dua tahun lagi. Oleh karena itu Gerrard harus bekerja keras agar bisa meyakinkan Henderson pindah ke Al-Ettifaq.

Klopp tengah mencoba membangun ulang kekuatan lini tengahnya. Dengan usia Henderson yang sudah 33 tahun kemungkinan dia akan sedikit mendapatkan menit bermain. Klopp membutuhkan regenarasi yang lebih segar agar bisa bersaing dengan tim-tim papan atas Liga Inggris lainnya.

Al-Ettifaq dan Gerrard juga dilaporkan sedang mempertimbangkan mantan kapten Arsenal Pierre-Emerick Aubameyang yang tidak disukai Chelsea. Penyerang 34 tahun tersebut mungkin akan tergoda pindah ke Arab Saudi dengan tawaran gaji besar jelang akhir karirnya. Di satu sisi The Blues juga terbuka melepas pemain asal Gabon tersebut.

Mengenai ketertarikan terhadap Morata mungkin lebih berat. Pasalnya, AS Roma juga tertarik kepada Morata. Pemain internasional Spanyol itu juga pernah bermain di Serie A sebelumnya bersama Juventus sehingga lebih mengenal liga di Italia. Meski demikian tawaran uang besar dari Arab Saudi bisa kemungkinan Morata tertarik merapat.

Dana Investasi Publik (PIF) Arab Saudi benar-benar membuat mereka menguasai bisnis sepakbola. Mereka telah mengambil alih empat klub terbesar Liga Pro Saudi yakni Al Nassr, Al Hilal, Al Ittihad dan Al Ahli. Kendati demikian, Al Ettifaq yakin bisa menyaingi mereka.

Nama-nama tenar di Eropa kini telah ada di Liga Pro Saudi. Cristiano Ronaldo bergabung dengan Al Nassr pada Januari 2023. Di susul Karim Benzema, Ruben Neves, N’Golo Kante dan Kailidou Koulibaly yang bergabung ke Arab Saudi pada musim panas ini.

Pengamat sepakbola Gary Neville menyuarakan keprihatinannya atas pergerakan Arab Saudi dan menyerukan agar adanya embargo pada klub yang menjual pemain ke Arab Saudi.

“Liga Primer Inggris harus memberlakukan embargo instan pada transfer ke Arab Saudi untuk memastikan integritas permainan tidak rusak. Pemeriksaan harus dilakukan atas kesesuaian transaksi. Jika melalui proses itu, jelas transfer bisa dibuka lagi,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement