Selasa 04 Jul 2023 11:40 WIB

Belum Apa-Apa, Bos Inter Miami Sudah Bicara Uang Tentang Prediksinya Mengenai Kiprah Messi

Miami yakin akan mengeruk keuntungan besar dari kehadiran Messi.

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Lionel Messi akan meninggalkan PSG menuju Inter Miami yang berlaga di MLS.
Foto: EPA-EFE/CHRISTOPHE PETIT TESSON
Lionel Messi akan meninggalkan PSG menuju Inter Miami yang berlaga di MLS.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu bos Inter Miami, Jorge Mas, mengatakan Lionel Messi akan menghasilkan antara 50-60 juta dollar AS atau sekira Rp 751 miliar hingga Rp 901 miliar per tahun untuk klub saat kontraknya dengan klub MLS itu selesai. Messi mengumumkan niatnya untuk bergabung dengan Inter Miami dalam sebuah kesepakatan penting bulan lalu, meskipun klub belum secara resmi mengkonfirmasi perekrutan pemain asal Argentina itu.

Hanya saja, rincian akhir yang tersisa sebelum Messi secara resmi bergabung dengan Inter Miami, dengan Mas mengatakan dua pekan yang lalu bahwa Messi kemungkinan akan memulai debutnya pada pertandingan Piala Liga 21 Juli melawan Cruz Azul.

Baca Juga

Kontrak Messi akan membuatnya menjadi pemain dengan bayaran tertinggi di MLS, mengalahkan Xherdan Shaqiri dari Chicago Fire yang sebelumnya menduduki peringkat teratas dengan jaminan gaji tahunan sebesar 8,2 juta dollar AS atau sekira Rp 123 miliar.

Messi tentu saja akan menghasilkan lebih dari 50-60 juta dollar AS atau sekira Rp 751-901 miliar per tahun, karena ia juga akan mendapatkan bagian keuntungan dari kesepakatan hak siar media liga dengan Apple dan kesepakatan pakaian dengan Adidas.

"Dalam hal penutupan, kontrak dengan Apple sangat penting," kata Mas dalam sebuah wawancara dengan El Pais, dikutip pada Selasa (4/7/2023). 

"(Negosiasi berlangsung) selama tiga tahun," tambah Mas. "Satu setengah tahun bernegosiasi secara intens. Banyak percakapan dengan Jorge (Messi, ayah Lionel). Saya melihatnya sudah selesai pada akhir Mei. David (Beckham, pemilik Inter Miami) berbicara dengan Leo, hanya tentang topik sepak bola, karena dia masih bermain di PSG. Dia tidak ingin Messi merasakan tekanan apa pun."

Mas juga berbicara tentang pemain-pemain lain yang dikaitkan dengan Inter Miami - yang semuanya pernah bermain bersama Messi di Barcelona selama beberapa tahun.

Sergio Busquets juga telah dikonfirmasi akan bergabung dengan klub MLS tersebut, meskipun perekrutannya juga belum diresmikan.

"Bagi kami sangat penting untuk mengelilingi Messi dengan pemain-pemain yang berada di levelnya," ujar Mas. "Kami telah berbicara dengan Busquets selama kurang lebih satu tahun. Dia akan menjadi sangat penting di ruang ganti, terlebih lagi bagi para pemain akademi. Dua atau tiga pemain lagi akan datang. Kami telah berbicara dengan Jordi Alba. (Luis Suárez) masih terikat kontrak - dia memiliki klausul pelepasan, dan saya tidak tahu apakah dia akan pergi. Kami juga telah berbicara dengan (Ángel) Di María, tetapi sepertinya dia akan menandatangani kontrak di tempat lain. Semua pengumuman akan dibuat sebelum 15 Juli."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement