Selasa 04 Jul 2023 05:14 WIB

Klopp Santai, tak Mau Berharap Banyak dari Bintang Muda yang Dibelinya Seharga Rp 1,1 T

Klopp tahu pemain mahalnya tersebut belum punya banyak pengalaman.

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pemain baru Liverpool yang dibeli dari RB Leipzig. Dominik Szoboszlai.
Foto: EPA-EFE/Leszek Szymanski POLAND OUT
Pemain baru Liverpool yang dibeli dari RB Leipzig. Dominik Szoboszlai.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, menegaskan klub tidak akan memberikan tekanan kepada Dominik Szoboszlai setelah kepindahan sang gelandang dengan nilai transfer yang besar. Szoboszlai telah diresmikan sebagai pemain Liverpool setelah klub memenuhi klausul pelepasannya senilai 60 juta poundsterling atau sekira Rp 1,1 triliun di RB Leipzig. Pemain internasional Hungaria ini masih berusia 22 tahun, dan bos The Reds menganggapnya sebagai pemain untuk masa kini dan masa depan.

Belanja musim panas Liverpool sudah melebihi 100 juta poundsterling atau sekira Rp 1,9 triliun, dengan Alexis Mac Allister yang sebelumnya bergabung dari Brighton dalam kesepakatan 45 juta poundsterling atau sekira Rp 858 miliar. Szoboszlai telah mengenakan kostum nomor delapan, menunjukkan bahwa ia akan memiliki peran besar. Namun Klopp mewaspadai usia dan kurangnya pengalaman dari sang pemain yang baru saja bergabung.

Baca Juga

Berbicara kepada media klub, Klopp merujuk pada pertemuan Liga Champions antara Liverpool dan klub Szoboszlai sebelumnya, Red Bull Salzburg, ketika sang gelandang tampil mengesankan bersama pemain-pemain seperti Erling Haaland dan Takumi Minamino. Nama terakhir, tak mampu ekspektasi ketika memperkuat the Reds 2020-2022.

"Saya cukup yakin dia masih remaja saat itu dan sejak saat itu dia telah membuat beberapa langkah besar - pindah ke Leipzig, tampil sangat, sangat baik di Bundesliga, bermain untuk tim nasional Hongaria dan kemudian menjadi kapten tim nasionalnya di usia yang sangat muda," kata Klopp tentang pemain yang baru tiba, dikutip pada Selasa (4/7/2023)? 

"Ini adalah hal positif yang tepat dan ini bahkan sebelum kita memikirkan kualitasnya sebagai pesepakbola. Saya tidak akan mengatakan terlalu banyak tentang mereka pada tahap ini kecuali mereka adalah jenis pemain yang mudah-mudahan akan membawa banyak kesenangan dan juga membantu kami untuk mendapatkan hasil," ujar dia menegaskan. 

Klopp tak mau ada tekanan. Szoboszlai masih merupakan pemain yang sangat muda. Sosok gelandang serang itu masih memiliki begitu banyak perkembangan di depannya dan ini berarti masuk akal bagi pihaknya untuk bersabar dan memberi Szoboszlai waktu serta ruang agar bakatnya dapat berkembang di dalam tim. 

Szoboszlai telah mencetak 20 gol dalam dua tahun sejak berpindah dari Salzburg ke Leipzig, membantu tim asuhan Marco Rose finis di urutan ketiga musim lalu di Bundesliga dan lolos ke Liga Champions. Namun, dia telah menunjukkan kesediaan untuk pindah ke Anfield meskipun The Reds hanya mampu bermain  Liga Europa musim depan. 

"Ini sangat, sangat bagus," kata pemain asal Hongaria itu setelah diperkenalkan sebagai pemain Liverpool. "Saya menikmati [beberapa] hari terakhir dan saya tidak sabar untuk mengenal semua orang dengan lebih baik. Tiga atau empat hari terakhir berjalan sangat lama; tidak mudah. Namun pada akhirnya saya berada di sini, saya senang dan tidak sabar untuk memulai," kata Szoboszlai melanjutkan. 

"[Sebuah] klub yang sangat bersejarah, para pemain yang sangat bagus, pelatih yang baik, semuanya bagus. Bagi saya, sangat sempurna untuk mengambil langkah selanjutnya di klub seperti ini. Para penggemar, stadion, semuanya sangat bagus."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement