Selasa 04 Jul 2023 21:06 WIB

Menpora Dorong KONI Berinovasi dan Tingkatkan Prestasi Olahraga dari Berbagai Aspek

KONI menggelar Musornas 2023 di Jakarta pada Selasa (4/7/2023).

Menpora Dito Ariotedjo (kiri) dalam Musornas KONI tahun 2023.
Foto: dok Kemenpora
Menpora Dito Ariotedjo (kiri) dalam Musornas KONI tahun 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) terus mendorong Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dalam pengembangan inovasi keolahragaan melalui berbagai aspek seperti Sport Science, Sport Industry, hingga Sport Tourism. Hal tersebut ditegaskan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo saat membuka Musyawarah Olahraga Nasional (Musornas) KONI Tahun 2023 di Hotel Pullman, Jakarta Barat, Selasa (4/7/2023).

Selain mendorong, Menpora Dito juga mengatakan jika Kemenpora siap berkolaborasi yang bertujuan agar prestasi olahraga Indonesia semakin mendunia. "Kami di Kemenpora siap untuk berkolaborasi bersama-sama, mari kita tingkatkan prestasi olahraga Indonesia agar semakin mendunia," ucap Menpora Dito dalam membuka Musornas KONI. 

Baca Juga

Pada kesempatan itu, Menpora Dito juga menyampaikan apresiasi terhadap kepengurusan KONI 2019-2023 di bawah komando Ketua Umum Marciano Norman. Dito memuji KONI memiliki manajemen yang bagus.

"Hal ini dibuktikan dengan prestasi diraihnya, yakni Sertifikat SNI ISO 9001:2015, Quality Management System pada 30 Juni 2023," ujar Menpora. 

Politisi asal partai Golkar itu mengatakan jika satu agenda kegiatan KONI dan merupakan ajang kompetisi olahraga multievent terbesar Indonesia adalah Pekan Olahraga Nasional (PON). PON akan digelar pada di Sumut dan Aceh.

Menpora berharap PON dijadikan sebagai wadah lahirnya kejayaan prestasi olahraga Indonesia menuju pentas internasional, bukan sekadar adu gengsi daerah.

"PON harus menjadi wadah pemersatu bangsa. PON menjadi pesta akbar yang menjadi simbol lahirnya kejayaan prestasi olahraga Indonesia untuk menuju level internasional hingga tingkat dunia," katanya. 

Di sisi lain terkait Musornas KONI Tahun 2023 ini, Menpora berharap mendapatkan hasil yang signifikan terkait arah pembinaan prestasi olahraga Indonesia di masa depan yang lebih terarah dan terencana.

"Selamat bermusyawarah. Dapatkan hasil yang optimal untuk kejayaan prestasi olahraga Indonesia," kata Menpora dalam pembukaan Musornas KONI.

Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman mengatakan, pelayanan dari pihaknya akan bekerja total untuk mencapai cita-cita peningkatan prestasi di tingkat internasional. "Saya yakin perhatian yang begitu besar Kemenpora beserta jajarannya kepada KONI Pusat mencapai hasil yang positif dan kolaborasi antara Kemenpora, KOI dan KONI Pusat menjadi pendukung dan menjadi tulang punggung bagi upaya lahirnya prestasi olahraga Indonesia," kata Marciano.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement