Selasa 04 Jul 2023 22:01 WIB

Marciano Norman Kembali Jabat Ketua Umum KONI Periode 2023-2027

Marciano Norman calon tunggal yang terpilih secara aklamasi melanjutkan jabatan.

Ketua KONI Marciano Norman
Foto: Dok. PBSI
Ketua KONI Marciano Norman

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Letjen TNI Purn Marciano Norman melanjutkan kiprahnya sebagai Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat masa bakti 2023-2027. Ia terpilih secara aklamasi untuk kembali menjabat.

Pemilihan dilakukan dalam Musyawarah Olahraga Nasional (Musornas) XIV KONI XIV Tahun 2023 yang secara resmi dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo di Jakarta, Selasa (4/7/2023). Dalam Musornas itu, Marciano hadir sebagai calon tunggal yang telah ditetapkan oleh Tim Penjaring dan Penyaring (TPP).

Baca Juga

Seluruh KONI Provinsi yang berjumlah 38 memberikan dukungan agar Marciano melanjutkan ke periode berikutnya, dan 69 dari 72 induk cabang olahraga juga meminta hal yang sama.

Seluruh dukungan yang diterima Marciano telah diverifikasi dan validasi. Laporan pertanggungjawaban KONI Pusat masa bakti 2019-2023 juga diterima oleh peserta Musornas.

Usai kembali memimpin KONI Pusat untuk periode kedua, Marciano berterima kasih kepada seluruh pihak yang mendukungnya. Marciano bertekad bekerja maksimal guna mengejar program yang belum terealisasi akibat pandemi COVID-19.

"Dengan seluruh dukungan dari pemegang suara, baik dari KONI Provinsi, induk cabang olahraga maupun fungsional, saya akan mengoptimalkan kinerja saya untuk merangkul semua pihak, karena saya yakin kita harus bersatu untuk dapat berprestasi. Oleh karena itu, dalam Musornas ini tagline-nya adalah 'Bersatu Berprestasi'," kata Marciano dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta.

"Kita akan menghadapi Pekan Olahraga Nasional XXI/2024 Aceh – Sumatera Utara, saya akan segera mempersiapkannya dan berfokus bagaimana PON tersebut dapat berhasil dengan baik. Saya juga berharap pada media agar terus dapat bersinergi dalam memajukan olahraga."

Ia juga mengajak atlet-atlet di seluruh Tanah Air bersatu dan hadir dalam suatu proses pembinaan yang baik agar dapat mencapai mimpi meraih prestasi.

Ke depan, program dari masa bakti sebelumnya yang sudah dimulai akan dilanjutkan. Marciano dan jajarannya telah merencanakan menambah kompetisi berkualitas bagi atlet melalui program terobosan, Pekan Olahraga Bela Diri, Pekan Olahraga Pantai, Pekan Olahraga Indoor dan Pekan Olahraga Remaja.

Ketua Umum Pengurus Pusat Kick Boxing Indonesia (PP KBI) Ngatino berharap agar KONI Pusat dapat menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, pemerintah, seluruh organisasi olahraga, pihak swasta, dan sebagainya.

"Bagaimanapun juga harus satu kami selaku cabang olahraga membutuhkan solidaritas seluruh stakeholder untuk membangun olahraga ke depan," ujar Ngatino.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement