Rabu 05 Jul 2023 05:49 WIB

Fabio Quartararo: Situasi di Tim Yamaha Sulit, Namun Saya Harus Tenang

Situasi Quartararo punya kesamaan dengan Marc Marquez di tim Repsol Honda.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Pembalap MotoGP asal Prancis Fabio Quartararo dari tim Monster Energy Yamaha.
Foto: AP/Shuji Kajiyama
Pembalap MotoGP asal Prancis Fabio Quartararo dari tim Monster Energy Yamaha.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Satu tahun yang lalu, Fabio Quartararo dan tim Yamaha memasuki jeda musim panas MotoGP dengan memimpin klasemen sementara kejuaraan dunia dengan tiga kemenangan dan enam podium. Kali ini, pembalap asal Prancis itu hanya duduk di peringkat kesembilan klasemen dengan satu kemenangan dari delapan balapan.

Sementara, tim Yamaha turun dari posisi kedua ke posisi kelima di klasemen konstruktor.

Baca Juga

"Ini sulit karena satu tahun lalu saya menang di sini (di Sachsenring) dan sekarang saya bahkan tidak berada di 10 besar," kata Quartararo di Grand Prix Jerman, saat ia menyelesaikan balapan Sprint dan balapan pada Ahad (18/6/2023) di posisi ke-13. "Jadi sulit untuk benar-benar menikmatinya, tetapi saya harus mencoba untuk tetap tenang, mencoba mencari tahu apa yang bisa kami tingkatkan. Tapi kami sudah hampir separuh jalan di musim ini, dan kami belum menemukan apa pun."

Pembalap asal Prancis ini kemudian meraih podium Sprint di Assenm Belanda pada akhir pekan berikutnya, setelah penalti Brad Binder, sebelum terjatuh dengan cepat di awal balapan hari Ahad (25/6/2023).

Seperti Honda, yang hanya unggul tujuh poin dari Yamaha di klasemen konstruktor, sudah ada pembicaraan tentang Yamaha yang mengalihkan perhatiannya untuk membuat perubahan besar untuk motor 2024. Namun kurangnya waktu pengujian dan keterbatasan pengembangan mesin atau performa mesin membuat kemajuan di pada musim ini menjadi sulit.

"Maksud saya, sudah bertahun-tahun kami menunggu sesuatu yang besar. Sebuah perubahan besar," kata Quartararo, juara dunia Yamaha 2021, dikutip dari Crash.net, Selasa (4/7/2023). "Jadi semoga mereka benar-benar bisa memberi kami motor yang sangat bagus untuk tahun depan. Tapi sulit juga untuk percaya diri saat Anda berjuang untuk posisi-posisi ini. Mereka bekerja keras tapi kami tidak bisa menemukan peningkatan."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement