Kamis 06 Jul 2023 14:39 WIB

Erick Thohir: PSSI Sinkronisasi Program dengan Garuda Select untuk Seleksi Pemain Timnas

Erick mendapat saran Dennis Wise untuk mulai membangun tim muda dari U-14.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (kanan) dan Direktur Teknik Dennis Wise (kiri) menyampaikan arahan saat meninjau program Garuda Select di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Kamis (6/7/2023).
Foto: ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (kanan) dan Direktur Teknik Dennis Wise (kiri) menyampaikan arahan saat meninjau program Garuda Select di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Kamis (6/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PSSI tengah menjaring pemain-pemain terbaik untuk bisa tampil di Piala Dunia U-17 2023 nanti. Dalam prosesnya, PSSI juga bekerja sama dengan Garuda Select yang tengah menyeleksi pemain muda untuk programnya di Stadion Madya, Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (6/7/2023). Sekitar 70-an pemain muda ikut serta dalam seleksi tersebut.

Pelatih timnas Indonesia U-17 Bima Sakti dibantu oleh legenda Chelsea sekaligus Direktur Teknik Garuda Select, Dennis Wise, melihat potensi-potensi pemain muda itu. Nantinya, pemain terpilih akan ditarik untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) tahap pertama yang akan dimulai pada 10 Juli 2023.

Baca Juga

Ketua Umum (Ketum) PSSI Erick Thohir mengatakan, PSSI sepakat untuk sinkroniasasi program dengan Garuda Select dalam penyeleksian pemain U-17.

"Tadi saya sudah breakfast sama Dennis dan Garuda Select, intinya kami bersepakat untuk sinkroniasasi program antara Garuda Select dengan persiapan U-17," kata Erick saat menghadiri proses seleksi di Stadion Madya, Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (6/7/2023).

Mantan bos Inter Milan itu juga mengaku mendapatkan saran dari Dennis agar mulai membangun tim muda dari U-14. Menurutnya, ini adalah salah satu saran yang bagus dan ia mengeklaim akan mendiskusikannya lebih lanjut. Erick menilai dalam proses transformasi sepak bola memang memerlukan masukan-masukan yang segar.

"Nah memang inilah yang saya rasa kita harus terbuka dalam transformasi sepak bola. Jadi nanti usulan dari Dennis mengenai U-14 kita akan diskusi di PSSI sehingga ini jadi keputusan yang bisa berkesinambungan antara U-14, U-17, U-20 dan lain-lain," kata Erick.

Selain dari hasil seleksi tersebut, PSSI juga akan menjaring pemain dari sembilan daerah yang ada di Indonesia. Setelah mendapatkan pemain-pemain pilihan, PSSI akan menggelar pemusatan latihan (TC) hingga ke Eropa.

Pemain-pemain yang dipanggil ini belum tentu masuk ke dalam skuad yang disiapkan untuk tampil di Piala Dunia U-17. Nantinya, tim pelatih akan menilai kualitas pemain selama TC.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement