Kamis 06 Jul 2023 17:29 WIB

Erick Thohir Tegaskan Lagi Shin Tae-yong akan Tangani Timnas U-23 dan Senior

Ada pembagian tugas kepelatihan timnas Indonesia kelompok umur hingga senior.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas Indonesia U-23 dan timnas senior, Shin Tae-yong.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Pelatih timnas Indonesia U-23 dan timnas senior, Shin Tae-yong.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum (Ketum) PSSI Erick Thohir kembali menegaskan pembagian tugas kepelatihan timnas Indonesia kelompok umur hingga senior. Ia menjelaskan, Bima Sakti akan menangani timnas U-17, Indra Sjafri menangani timnas U-20 dan mempersiapkan Asian Games 2023, sementara Shin Tae-yong memimpin timnas U-23 dan senior.

"Sekarang kontrak Coach Shin itu baca aja kontraknya, U-23 dan senior, kalau kebijakan U-20 kan bukan kebijakan saya. Coach Indra ketika SEA Games, dan saat ini Coach Indra pegang U-20, kan dua-duanya persiapan bagus, SEA games juara, U-20 sudah siap, cuma belum (main di Piala Dunia U-20 karena batal)," kata Erick di Jakarta, Kamis (6/7/2023).

Baca Juga

Timnas U-23 memiliki dua agenda di tahun ini, yakni Piala AFF U-23 2023 yang akan digelar di Thailand pada 17-26 Agustus 2023. Selanjutnya, kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Indonesia akan bertindak sebagai tuan rumah Grup K di Solo yang akan berlangsung pada 6-12 September 2023.

Selain itu, sebagai pelatih timnas Indonesia senior, Shin Tae-yong, juga memiliki agenda yang beririsan. Beberapa agenda yang akan dihadapi di antaranya adalah FIFA Matchday. Adapun FIFA Matchday pada 2023 jatuh pada 4-12 September, 9-17 Oktober, dan 13-21 November. Khusus 9-17 Oktober akan dimanfaatkan AFC untuk babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

"FIFA Matchday itu kalender yang diberikan FIFA untuk bertanding, tapi dalam FIFA Matchday itu, boleh ada turnamen. Contoh, Kualifikasi Piala Asia U-23 2024," kata Erick.

Di sisi lain, Erick sengaja mengatur agar timnas U-20 mengikuti kompetisi Asian Games di Guang Zhou, Cina, demi target jangka panjang. Berdasarkan regulasi, pemain yang berlaga di ajang Asian Games 2023 adalah U-24. Namun Erick ingin para pemain muda usia 20 tahun memiliki persiapan lebih untuk turnamen yang akan datang.

"Saya akan bicara ke Coach Indra, yang Asian Games kami akan siapkan U-20. Terus kenapa takut? Sama Argentina aja sudah berani. Targetnya buat masa depan, karena U-20 tahun depan jadi U-21," jelas Erick.

Erick mencontohkan, beberapa pemain muda tampil berani saat laga melawan Argentina di FIFA Matchday beberapa waktu lalu. "Ingat kita lawan Argentina ada umur 23, Asnawi, Arhan, Elkan, Rafael, Ridho, Nando, itu kan bagus," kata dia.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement