Kamis 06 Jul 2023 19:17 WIB

Perbasi Ganti Pelatih Timnas Basket Putri, Marlina Herawan Isi Posisi Sophie Lin Chi Wen

Pelatih Sophie Lin Chi Wen mengantarkan Indonesia meraih emas SEA Games 2023.

Marlina Herawan (ketiga kiri), pelatih baru timnas basket putri Indonesia.
Foto: PP Perbasi
Marlina Herawan (ketiga kiri), pelatih baru timnas basket putri Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PP Perbasi melalui Badan Tim Nasional memanggil 19 pemain untuk persiapan timnas basket putri berlaga di Asian Games XIX/2022 di Hangzhou, China. Ajang ini digelar pada 23 September- 8 Oktober 2023.

Dari total nama yang dipanggil, 12 pemain berasal dari tim peraih medali emas di SEA Games 2023 Kamboja. Sementara tujuh pemain lagi pemain muda. Beberapa dari mereka sudah pernah ikut dalam pemusatan latihan timnas putri. 

Baca Juga

“Para pemain ini dipanggil untuk persiapan Asian Games di Hangzhou. Mereka menjalani TC (training camp) mulai 3 Juli di GOR Cahaya Lestari Surabaya Jalan Dharmahusada Utara,” jelas Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi dalam keterangannya, Kamis (6/7/2023). 

“Sengaja kami panggil pemain muda supaya belajar bersama pemain seniornya. Dengan cara ini, diharapkan bisa terjadi transfer ilmu yang baik sehingga regenerasi di timnas putri berjalan sesuai yang kita harapkan.”

Namun dalam persiapan kali ini timnas basket putri tidak lagi ditangani oleh Sophie Lin Chi Wen. Posisinya digantikan oleh Marlina Herawan. Marlina merupakan mantan pemain Surabaya Fever yang besar dan bermain basket di Bandung. Dia pernah menjadi bagian dari timnas saat meraih medali perak pada SEA Games 2015 di Singapura. Dia juga pernah membantu timnas Putri U-18 naik ke Level A FIBA Asia pada 2017. Saat itu, dia menjabat sebagai asisten pelatih Arif Gunarto.

“Kami memanggil pemain muda dan pelatih lokal muda untuk memulai regenerasi tim. Kami tidak mau ketinggalan dalam mempersiapkan tim untuk SEA Games 2025, mengingat jangka waktu yang masih panjang. Kami harus mulai mempersiapkan atlet dan pelatih muda yangg punya visi jangka panjang di dalam tim ini,” jelas penanggung jawab timnas basket putri Christopher Tanuwidjaja.

Christopher mengatakan, pihaknya harus rela melepaskan pelatih Sophie Lin Chi Wen yang dia sudah lama meninggalkan keluarga dalam kurun waktu yang sangat lama.

“Kami memberikan apresiasi yang sangat tinggi bagi Coach Sophie bukan hanya karena dia sudah membawa kemajuan bagi basket putri Indonesia, tapi juga karena dia rela berkorban meninggalkan keluarganya dari sejak pertengahan tahun 2020 sampai sekarang,” terang Itop, sapaan karib Christopher. 

Oleh karena itu, lanjut Itop, Perbasi ke depannya berusaha memberikan kesempatan bagi pelatih muda lokal yang dapat berkomitmen jangka panjang. 

“Kami selaku manajemen juga tetap pada komitmen kami seperti TC sebelumnya, akan mendatangkan pelatih kaliber International atau mengirimkan para pelatih muda ini untuk menimba ilmu lebih banyak lagi dari luar negeri. Dengan demikian harapan kami, Timnas Basket Putrì mulai saat ini sudah memiliki fondasi untuk program yang berkesinambungan setidaknya untuk jangka waktu yang cukup panjang,” ujar dia.

19 Pemain Dipanggil TC Asian Games Hangzhou

1. Adelaide Callista Wongsohardjo 

2. Yuni Anggraeni 

3. Priscilla Annabel Karen 

4. Peyton Alexis Whitted 

5. Nathania Claresta 

6. Kadek Pratitta 

7. Henny Sutjiono 

8. Dyah Lestari 

9. Clarita Antonio 

10. Kimberley Pierre Louis 

11. Dewa Ayu Made Sriartha Kusuma Dewi 

12. Agustin Elya Gradita Retong 

13. Jesslyn Angelique Aritonang

14. Maxine Maria Sutisna

15. Namira Ramandha

16. Faizzatus Shoimah

17. Nathania Nicole Sasongko

18. Thasya Hery Saputera

19. Angelica Jennifer Candra

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement