Kamis 06 Jul 2023 19:40 WIB

Masih Seleksi, Bima Sakti Ungkap Kriteria untuk Pemain Timnas U-17

Bima mengaku sudah memiliki kerangka tim dan hanya ingin melengkapi yang kurang.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas sepak bola Indonesia U-17 Bima Sakti (tengah) memberikan pengarahan kepada para pemainnya belum lama ini.
Foto: ANTARA/Yulius Satria Wijaya
Pelatih timnas sepak bola Indonesia U-17 Bima Sakti (tengah) memberikan pengarahan kepada para pemainnya belum lama ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih timnas Indonesia U-17, Bima Sakti, masih menyeleksi pemain yang akan dipersiapkan tampil di Piala Dunia U-17 2023 mendatang. Saat ini ia dibantu oleh Direktur Teknik Garuda Select, Dennis Wise, untuk menyeleksi pemain U-17 untuk dibawa ke pemusatan latihan tahap pertama yang akan digelar pada 10 Juli 2023.

"Hari ini, hari kedua kami menyaksikan seleksi Garuda Select di Stadion Madya, kemarin ada 100 lebih pemain yang kami lihat dan sekarang mengerucut menjadi 43 pemain," kata Bima kepada awak media di Stadion Madya, Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (6/7/2023).

Baca Juga

Bima mengungkapkan kriteria pemain yang akan direkrut menuju Piala Dunia U-17 2023. Pertama, yang menjadi penilaian adalah kemampuan dasar dan mental pemain. Selain itu, ia juga mengungkapkan ada beberap standar postur tubuh yang harus dimiliki pemain sesuai posisinya masing-masing.

"Kriterianya yang pertama ada kualitas pemain, kualitasnya skill individu, dan secara chemistry dengan teman setim, mental, kemudian postur tubuh juga disesuaikan dengan posisi, seperti kiper itu harus 170-180 cm ke atas. Kemudian bek, gelandang, striker, itu ada kriterianya," kata Bima menjelaskan.

Saat ini Bima masih menjaring pemain yang akan dipersiapkan untuk tampil di Piala Dunia U-17 2023. Seleksi dilakukan baik dari Garuda Select, sembilan wilayah, hingga pemain-pemain yang sebelumnya memperkuat timnas Indonesia U-16.

Tapi Bima menambahkan bahwa perekrutan pemain yang dilakukan hanya untuk melengkapi puzzle. Pasalnya, ia mengaku sudah memiliki kerangka tim dan hanya ingin melengkapi yang kurang.

"Iya, karena kerangka timnya kan sudah ada. Saya pikir ini kesempatanlah, apalagi menghadapi Piala Dunia juga tugas dan tanggung jawabnya lebih berat. Para pemain juga harus lebih siap," kata Bima menegaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement