Sabtu 08 Jul 2023 20:19 WIB

Man United Rela Alami Kerugian demi Berpisah dengan Maguire

Maguire masih tercatat sebagai bek termahal sepanjang sejarah Liga Inggris.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Bek Manchester United (MU) Harry Maguire.
Foto: EPA-EFE/PETER POWELL
Bek Manchester United (MU) Harry Maguire.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Pelatih Manchester United (MU), Erik Ten Hag, kabarnya sudah memberikan lampu hijau kepada manajemen untuk melepas Harry Maguire. Bek tengah asal Inggris itu sudah tidak lagi menjadi bagian rencana Ten Hag dalam komposisi skuad Iblis Merah pada musim depan.

Maguire, yang masih memiliki sisa kontrak selama dua tahun bersama MU, memang sudah bukan lagi pilihan utama di jantung pertahanan Iblis Merah. Pada musim ini, Ten Hag lebih sering menurunkan duet Raphael Varane dan Lisandro Martinez sebagai starter.

Baca Juga

Maguire tercatat hanya tampil di delapan partai sebagai starter dari 16 kesempatan merumput di pentas Liga Primer Inggris musim lalu. Total, mantan bek tengah Leicester City itu hanya tampil di 31 laga di semua ajang pada sepanjang musim ini.

Selain tetap mempertahankan duet Varane-Martinez sebagai pilihan utama, Ten Hag kabarnya juga lebih memilih Victor Lindelof sebagai pelapis dari dua pemain tersebut. Pun dengan kemungkinan menempatkan Luke Shaw sebagai bek tengah apabila tiga bek tengah utama Iblis Merah itu tidak bisa merumput.

Manajemen Man United pun siap memenuhi permintaan Ten Hag untuk melepas Maguire. Bahkan, manajemen MU dilaporkan rela menelan kerugian secara finansial demi bisa memuluskan rencana melepas bek tengah berusia 30 tahun tersebut.

''Man United rela melepas Maguire dengan nilai transfer setidaknya 50 juta poundsterling. Banderol transfer ini melonjak drastis ketimbang saat Man United merekrut Maguire dari Leicester City dengan nilai transfer mencapai 80 juta poundsterling pada 2019,'' tulis laporan The Independent, Sabtu (8/7/2023).

Dengan nilai transfer tersebut, Maguire masih tercatat sebagai pemain bertahan termahal sepanjang sejarah di Inggris hingga saat ini. Meski telah menetapkan banderol transfer lebih rendah dibanding saat merekrut Maguire, Man United disebut masih tetap kesulitan untuk menemukan klub peminat pengoleksi 57 caps buat timnas Inggris tersebut.

West Ham United sempat dilaporkan tertarik untuk memboyong Maguire. Namun, The Hammers hanya bersedia menebus Maguire dengan nilai transfer tidak kurang dari 35 juta poundsterling. Tidak hanya itu, besaran gaji Maguire, yang dikabarkan mencapai 200 ribu poundsterling per pekan, juga dianggap menjadi penghambat tersendiri kepindahan Maguire.

Mantan bek tengah Hull City itu ternyata bukan satu-satunya pemain yang siap dilepas Man United. Manajemen Iblis Merah dilaporkan telah memasukkan nama Fred, Jadon Sancho, dan Scott McTominay dalam daftar pemain yang siap dijual pada jendela transfer musim panas tahun ini.

AS Roma, Newcastle United, dan Brighton And Hove Albion disebut-sebut tertarik untuk menampung McTominay. Sementara Fred dikabarkan telah menarik minat Fulham. MU juga sudah menawarkan skema peminjaman Sancho kepada Tottenham Hotspur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement