Senin 10 Jul 2023 20:55 WIB

Juarai Turnamen di AS, Tim Putri KFC DBL Indonesia All-Star 2023 Banjir Tawaran Beasiswa

Tim putri KFC DBL Indonesia All-Star 2023 menjuarai turnamen Chicago Summer Jam.

Para pemain dan pelatih KFC DBL Indonesia All-Star 2023 merayakan keberhasilan menjuarai Chicago Summer Jam di Northbook, Chicago, Amerika Serikat, Ahad (9/7/2023) waktu setempat.
Foto: Dok DBL
Para pemain dan pelatih KFC DBL Indonesia All-Star 2023 merayakan keberhasilan menjuarai Chicago Summer Jam di Northbook, Chicago, Amerika Serikat, Ahad (9/7/2023) waktu setempat.

REPUBLIKA.CO.ID, CHICAGO -- Perjalanan para atlet-pelajar yang tergabung dalam KFC DBL Indonesia All-Star 2023 dengan misi berlatih, belajar dan bertanding di Amerika Serikat membuahkan prestasi membanggakan. Tim putri KFC DBL Indonesia All-Star 2023 berhasil menjadi juara pada Chicago Summer Jam, usai sukses menundukkan Baylor Youth Foundation (BYF) dengan skor 30-23 pada partai final, Ahad (9/7/2023) siang waktu setempat. 

Upaya tim putri untuk merebut trofi juara tidak berjalan mulus. Pada laga terakhir babak penyisihan grup, Vanissa Renata dkk sempat menelan kekalahan 23-25 dari Baylor Youth Foundation. Misi revans itu berhasil dituntaskan saat mereka bersua kembali pada partai final. Sekaligus membawa pulang trofi ke Tanah Air.

Baca Juga

Salah satu srikandi All-Star, Erinindita Priasmadafa mengungkapkan, bahwa kekalahan pertama sempat membuat mental mereka jatuh. Mereka tidak bisa tampil lepas hingga akhirnya menelan kekalahan pertamanya di ajang tersebut.

“Di pertemuan kedua, final, kami tidak mau kalah. Kami kasih semuanya, habis-habisan dan bersyukur kami bisa menang. Ini hasil kerja keras seluruh bagian tim,” kata pemain dari SMA Tritunggal Semarang itu.

Sementara itu pada kategori putra, KFC DBL Indonesia All-Star 2023 kalah secara dramatis dari Player Advantage di semifinal. Mereka harus melalui dua kali perpanjangan waktu (overtime). Pada overtime kedua, waktu tidak menjadi penentu lagi.

Sebab, kemenangan ditentukan dengan cara lain. Tim pertama yang mencetak angka menjadi pemenang. Dan pemain dari Player Advantage-lah yang menjadi pencetak angka pertama. Mereka mengalahkan KFC DBL Indonesia All-Star 2023 dengan skor akhir 28-26.

Padahal pada awal gim tersebut, KFC DBL Indonesia All-Star 2023 sempat unggul 10 poin tanpa balas. Pemain dari SMAN 116 Jakarta Fatur Rahman mengatakan ia sebenarnya memiliki peluang memenangkan gim melalui layup di overtime kedua.

“Sayangnya, layup saya terlalu kencang dan bola keluar lagi. Ini gim yang seru dan pelajaran yang luar biasa untuk kami di turnamen ini. Kami juga kehilangan momentum. Fokus kami tak cukup bagus hingga lawan yang memiliki tembakan tajam berhasil mengejar,” ujar Fatur.

Chicago Summer Jam adalah turnamen musim panas tahunan bersertifikasi NCAA yang ditujukan untuk pemain-pemain kelompok usia muda. Bentuk keseriusan Chicago Summer Jam sebagai sebuah turnamen  yang bergengsi juga bisa dilihat dari sejarah mereka. Total sudah ada 300 tim yang pernah berpartisipasi di turnamen ini dari 36 negara bagian Amerika Serikat dan 7 negara di luar Amerika Serikat. Indonesia akan jadi negara kedelapan yang turut serta di sini. 

Chicago Summer Jam...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement