Selasa 11 Jul 2023 23:13 WIB

Punya Pemilik Sama, UEFA Restui Liverpool, Milan dan Toulouse Main di Kompetisi Eropa

RedBird mengakuisisi 11 persen kepemilikan Liverpool.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Manajer Liverpool Jurgen Klopp.
Foto: EPA-EFE/DANIEL HAMBURY
Manajer Liverpool Jurgen Klopp.

REPUBLIKA.CO.ID, MERSEYSIDE -- Ketiga klub Eropa AC Milan, Toulouse, dan Liverpool memiliki kepemilikan yang sama dengan RedBird Capital Partners, dengan UEFA dilaporkan telah memberikan izin untuk berkompetisi di Eropa musim depan.

Milan baru saja dibeli RedBird pada September 2022 dalam kesepakatan 1,1 miliar pounds. Rossoneri dipastikan lolos ke kompetisi Liga Champions musim depan.

Baca Juga

Meski demikian Milan berpeluang jatuh ke Liga Europa apabila tersingkir lebih awal di babak grup, yang berarti mereka berpotensi bentrok dengan tim Ligue 1 Prancis Toulouse.

Toulouse sendiri dimiliki oleh firma perusahaan yang sama asal New York itu sejak musim panas 2020.

Tentu skema tersebut menimbulkan risiko pelanggaran aturan UEFA seputar tim yang tidak dapat bertemu di kompetisi Eropa yang sama jika berada di bawah grup kepemilikan serupa.

Alhasil, keputusan itu membuat pemilik RedBird Gerry Cardinale bersama staf lainnya memutuskan untuk mundur dari dewan klub di Toulouse.

Sementara Liverpool menjadi lawan potensial dari Toulouse serta Milan di Liga Europa, meski hubungan antara the Anfield Gank dengan RedBird bukanlah sesuatu yang disorot oleh UEFA.

Dilansir Liverpool Echo, Selasa (11/7/2023) RedBird mengakuisisi 11 persen kepemilikan Liverpool Fenway Sports Group (FSG) pada Maret 2021 dalam kesepakatan senilai 581 juta pounds.

RedBird pun tidak memiliki perwakilan dewan di tubuh the Reds, yang nilainya hanya setengah dari kepemilikan FSG dan investasi mereka ke klub asal Merseyside tidak langsung.

Aturan kepemilikan klub UEFA ... 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement