Kamis 13 Jul 2023 07:35 WIB

Tekuk Leeds United 2-0, Ten Hag: Mason Mount Membawa Dinamisme di Lini Tengah MU

Mount tampil mengesankan dalam 45 menit pertamanya untuk MU.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Mason Mount menjalani debut bersama Manchester United melawan Leeds United dalam laga pramusim, Rabu (12/7/2023).
Foto: Twitter Manchester United
Mason Mount menjalani debut bersama Manchester United melawan Leeds United dalam laga pramusim, Rabu (12/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih Manchester United (MU), Erik ten Hag, menyatakan Mason Mount akan membawa "dinamisme" ke lini tengah skuadnya. Gelandang berusia 24 tahun ini tampil mengesankan dalam 45 menit pertamanya untuk klub, saat MU membuka pramusim dengan kemenangan 2-0 atas Leeds United di Oslo, Norwegia, Rabu (12/7/2023).

Mount, yang didatangkan dari Chelsea dengan nilai transfer 55 juta poundsterling atau sekira Rp 1 triliun, bermain pada babak pertama sebelum 11 pergantian pemain dilakukan pada jeda.

Baca Juga

"Dia akan membawa dinamisme ke dalam permainan kami dan itu adalah salah satu kesimpulan kami musim lalu," kata Ten Hag kepada MUTV dikutip dari BBC, Kamis (13/7/2023). "Visinya adalah untuk bermain ofensif. Tetapi dia juga ingin menjadi multifungsi, dia ingin menjadi lengkap."

Menurut Ten Hag, ketika seorang pemain tampil di lini tengah, maka ia harus menyerang, tetapi juga harus bisa bertahan. "Kami harus lebih dinamis di lini tengah. Saya yakin dia akan berkontribusi pada kesuksesan Man United karena dia adalah pemain yang berkualitas," jelasnya.

Tim inti Ten Hag merupakan kombinasi antara pemain muda dan pengalaman, dengan Lisandro Martinez, Raphael Varane, dan Jadon Sancho yang bergabung dengan pemain muda seperti Kobbie Mainoo dan Omari Forson.

Juru taktik asal Jerman, Daniel Farke, memimpin pertandingan pertamanya sebagai pelatih Leeds yang tengah mempersiapkan diri untuk kembali ke Divisi Championship setelah terdegradasi musim lalu.

Namun terobosan terjadi di menit ke-67 saat pemain Norwegia berusia 18 tahun, Isak Hansen-Aaroen, memberikan umpan kepada pemain asal Prancis, Noam Emeran, yang mencetak gol pembuka untuk menaklukkan Dani van den Heuvel. Emeran kemudian memberikan umpan kepada Joe Hugill untuk memastikan kemenangan 10 menit sebelum pertandingan berakhir.

Mount menciptakan peluang besar di menit ke-10, memberikan umpan kepada Amad Diallo untuk memberi meneruskannya pada Hannibal Mejbri. Namun upaya pemain Tunisia itu digagalkan oleh penyelamatan gemilang dari penjaga gawang Leeds, Kristoffer Klaesson.

Beberapa saat kemudian, sang gelandang Inggris kembali terlibat, merebut bola kembali, sebelum melakukan tendangan chip yang melewati Klaesson dari jarak 25 yard yang membentur mistar gawang.

"Rasanya luar biasa bisa berada di atas lapangan. Kami telah menjalani waktu tersebut dalam latihan dan kami telah bekerja sangat keras. Jadi sangat menyenangkan untuk menunjukkannya dalam pertandingan sekarang. Kami telah melatih beberapa taktik yang berbeda," kata Mount seusai laga. "Saya sangat menyukai peran yang saya mainkan hari ini. Mampu turun dan membangun permainan dari posisi yang lebih dalam, tetapi dengan lisensi untuk maju ke depan."

Pramusim Man United berlanjut dengan pertandingan melawan Lyon di Edinburgh pada Kamis (13/7/2023), sebelum bertolak ke Amerika Serikat untuk pertandingan melawan Arsenal, Wrexham, Real Madrid, dan Borussia Dortmund.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement