Kamis 13 Jul 2023 18:00 WIB

Kebiasaan Aneh Valentino Rossi Bicara dengan Motornya, Janggal tapi Efektif

Rossi seakan bertukar pendapat dengan motornya sebelum balapan.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Legenda balap MotoGP Valentino Rossi sedang berbicara dengan motornya dalam sebuah race MotoGP beberapa waktu lalu.
Foto: EPA/JUAN CARLOS CÁRDENAS
Legenda balap MotoGP Valentino Rossi sedang berbicara dengan motornya dalam sebuah race MotoGP beberapa waktu lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, URBINO -- Nama Valentino Rossi di dunia balap motor sudah melegenda. Itu karena berbagai prestasi yang ia torehkan saat masih aktif menjajal lintasan.

Tentunya, ada banyak faktor yang membuat ia menjadi jawara. Dimulai dari kemampuan individunya. Kemudian kualitas motor tunggangannya. Serta chemistry antara dirinya dengan motor tersebut.

Baca Juga

Untuk alasan ketiga, bisa menjadi sangat penting secara personal. Itu bukan hanya dibangun lewat latihan berulang-ulang. Rossi memiliki ritual unik untuk berkomunikasi dengan kuda besi tunggangannya.

Ritual apakah itu? Sebelum balapan dimulai, ia berjongkok di grid dan berbicara dengan motornya. Ia menggerakkan tubuhnya selayaknya berkomunikasi dengan sahabat.

"Ia berbisik dan kadang membentur-benturkan pundak dengan ringan pada fairing motornya," demikian laporan yang dikutip dari youtube CamozIDMotor, Kamis (13/7/2023).

Dalam wawancara dengan Sky Sports, sosok yang dijuluki 'The Doctor' menjelaskan apa arti dari tindakannya ini. Ia mencoba berbicara, menyemangati, dan membangun hubungan yang sangat dekat dengan motornya.

"Saya mengatakan saat balapan dimulai hanya ada saya dan dia, dan kami harus coba naik podium. Saya bilang padanya, bahwa ia harus membantu saya dalam momen sulit. Ia tak pernah menjawab, namun jika ia menjawab, saya takkan kaget," tutur Rossi menceritakan proses komunikasi antara dirinya dengan motornya.

Berjongkok di sebelah motornya ...

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement