Kamis 13 Jul 2023 12:16 WIB

Momen Ini yang Buat Valentino Rossi Layak Menyandang Status 'Raja Hujan' MotoGP

Balapan di saat hujan pada ajang MotoGP sangatlah sulit.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Valentino Rossi (tengah) adu cepat dengan lawan-lawannya saat balapan hujan pada ajang MotoGP di Sirkuit Donington Park, Inggris, Juli 2005 silam.
Foto: EPA/ALESSANDRO DELLA VALLE
Valentino Rossi (tengah) adu cepat dengan lawan-lawannya saat balapan hujan pada ajang MotoGP di Sirkuit Donington Park, Inggris, Juli 2005 silam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Balapan di lintasan basah MotoGP selalu menarik disaksikan. Entah balapan berjalan setelah hujan, atau saat masih hujan, skill pembalap selalu keluar maksimal di momen ini. 

Lantas, siapa pemilik titel 'Raja Hujan' di MotoGP sepanjang masa? Mungkin, bagi sebagian pihak, jawabannya tidak mengagetkan. Ya, siapa lagi jika bukan sang legenda berjuluk the Doctor asal Italia, Valentino Rossi. 

Baca Juga

Paling jelas adalah kemenangan Valentino Rossi di Sirkuit Donington Park, MotoGP Inggris 2005 bukan didapat dengan mudah. Pasalnya, the Doctor harus bersaing dengan rider lain di kondisi trek basah.

Saat balapan basah ada beberapa titik di sirkuit di mana grip akan terasa sangat rendah. Pun, ditambah drainase yang buruk, throttle control bersamaan dengan kombinasi teknik pengereman pun lean angle menjadi skill pembeda.

Tentu mereka para rider yang menguasai aspek tersebut layak disebut sebagai 'The Rain Master' alias pembalap terbaik di lintasan basah.

Rossi membuktikan dirinya sebagai the Rain Master alias 'Raja Hujan' setelah berhasil finish di posisi pertama MotoGP Inggris 2005. Kehebatannya jelas diperlihatkan manakala 10 pembalap gagal finis, dan tujuh diantaranya urung melanjutkan balapan karena terjatuh.

Mengejutkannya adalah pembalap gahar seperti Sete Gibernau, Marco Melandri, Max Biaggi, Nicky Hayden, dan Troy Bayliss terpaksa pamit kembali ke paddock.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement