Jumat 14 Jul 2023 12:31 WIB

Hal Ini Membuktikan Valentino Rossi Jauh Lebih Cemerlang Dibandingkan Marc Marquez

Rossi dan Marquez punya kisah beda dengan Honda.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Valentino Rossi dan Marc Márquez dalam sebuah balapan.
Foto: Acidmoto
Valentino Rossi dan Marc Márquez dalam sebuah balapan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Baik Valentino Rossi dan Marc Marquez memiliki kisah yang berbeda saat bekerja dengan motor pabrikan tim Honda. Bahkan keputusan Rossi merupakan salah satu hal yang tidak akan terlupakan oleh seluruh penggemar MotoGP dunia.

Pada musim 2004 arena balap MotoGP dibuat terkejut dengan keputusan hengkangnya Rossi dari Honda ke tim rival Yamaha. Padahal karier the Doctor sedang berada di puncak bersama motor RC211V, tetapi justru memutuskan pindah pabrikan ke 'Garpu Tala' yang saat itu kalah superior dari Honda.

Baca Juga

Rossi sempat tak terkalahkan saat berada di kubu Honda sejak 2000 hingga 2003 silam. Selama 21 tahun melintasi arena balap kelas wahid the Doctor tercatat merasakan tiga pabrikan yaitu Honda, Yamaha, dan Ducati.

Namun dari semua tim yang dibela, hanya Honda yang hingga kini dikabarkan masih bermusuhan dengan Rossi. Ia tidak sepakat dengan pernyataan Honda yang pernah dilontarkan.

"Tahun-tahun itu banyak yang menilai saya menang karena motor (Honda). Padahal, pembalap lah yang membuat perbedaan," kata Rossi menjelaskan, seperti dikutip pada Jumat (14/7/2023).

Pembalap yang mengaku sangat mengagumi mendiang Norifumi Abe akhirnya memberanikan diri pindah ke Yamaha untuk musim 2004. Padahal sejak 1992 Tim Garpu Tala tidak pernah meraih gelar juara dunia, pun musim 2003 Yamaha nihil kemenangan.

Mendengar Rossi memilih pergi dan memutuskan merapat ke Yamaha. Tim Honda memberikan pandangan bahwa Rossi akan menghancurkan kariernya sendiri.

"Jika Rossi pergi, kami akan membangun motor yang lebih baik dan menghancurkan dia," kata Suguru Kanazawa beberapa waktu lalu.

Namun hasilnya Rossi terbukti tak tersentuh kekalahan. Ia bisa meraih kemenangan pada balapan pertamanya bersama Yamaha dan meraih gelar juara dunia pada musim pertamanya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement