Senin 17 Jul 2023 21:25 WIB

Gundogan Siap Gantikan Peran Sergio Busquets di Barcelona

Gundogan yakin dapat membantu Barcelona di mana pun ditempatkan.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Pemain Manchester City, Ilkay Gundogan, yang telah pindah ke Barcelona mulai musim 2023/2024.
Foto: AP Photo/Joan Monfort
Pemain Manchester City, Ilkay Gundogan, yang telah pindah ke Barcelona mulai musim 2023/2024.

REPUBLIKA.CO.ID, KATALAN -- Ilkay Gundogan sadar kedatangannya ke Barcelona untuk menjadi pengganti Sergio Busquets yang pergi ke Inter Miami. Gundogan menjalankan tugasnya dengan baik di lini tengah bersama Manchester City dalam beberapa tahun terakhir di bawah asuhan Pep Guardiola.

Ada banyak pertanyaan tentang bagaimana lini tengah Barcelona beroperasi tanpa Busquets meski kini memiliki Gundogan musim depan. Pemain asal Jerman itu mengaku pelatih Barca Xavi Hernandez belum memberitahu bagaimana perannya di Barcelona musim depan.

Baca Juga

"Xavi mengapresiasi saya sebagai pemain serbabisa. Dia belum memberi tahu saya tentang posisi tertentu, tapi saya pikir saya bisa bergabung dengan pemain yang berbeda dan di posisi yang berbeda,” ujar Gundogan dilansir dari Football Espana, Senin (17/7/2023).

Gundogan juga tidak ragu jika harus memainkan peran yang ditinggalkan Busquets. Ia mengeklaim dalam beberapa tahun terakhir telah menunjukkan diri bahwa bisa bermain di posisi yang berbeda. Ia yakin dapat membantu Barcelona di manapun ditempatkan.

Meskipun Frenkie de Jong juga bisa diandalkan, Gundogan kemungkinan besar akan dipasang bersama Pedri dan Gavi. Dan Gundogan memuji tiga pemain tersebut sebagai pemain muda yang luar biasa. Namun ia menegaskan pengalamannya dalam beberapa tahun terakhir diyakini dapat membantu Blaugrana.

"Saya pikir pengalaman saya dalam beberapa tahun terakhir dapat membantu, baik secara ofensif maupun defensif, dalam hal struktur, dan kapan harus mempertahankan penguasaan bola. Mereka adalah pemain muda yang sangat berbakat yang melakukan beberapa hal lebih baik dari saya. Jika saya dapat berkontribusi 1 persen, saya akan senang," katanya.

Kehadiran Gundogan di Barcelona bukan sekadar membantu permainan. Namun Xavi ingin Gundugan menunjukkan sikap kepemimpinanya di dalam maupun luar lapangan. Hal ini penting untuk membawa kestabilan tim di kompetisi Eropa yang terpuruk dalam beberapa musim terakhir.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement