Sabtu 08 Jul 2023 15:56 WIB

Ronald Koeman Sindir Barcelona yang Datangkan Ilkay Gundogan

Gundogan memang profesional hebat tapi perekrutannya hanya untuk jangka pendek.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Pemain Manchester City Ilkay Gundogan (kiri) yang akan pindah ke Barcelona pada musim 2023/2024.
Foto: AP Photo/Jon Super
Pemain Manchester City Ilkay Gundogan (kiri) yang akan pindah ke Barcelona pada musim 2023/2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan pelatih Barcelona, Ronald Koeman, telah mengeluarkan sindiran atas langkah Barcelona mendatangkan Ilkay Gundogan. La Blaugrana menyoroti pemain internasional Jerman itu sebagai target transfer utama pada awal musim panas setelah Gundogan menjadi kapten Manchester City untuk meraih treble winners pada akhir musim 2022/2023.

Terlepas dari upaya Mn City untuk mempertahankannya di Etihad Stadium, Gundogan memilih untuk menerima tawaran bebas transfer dari Barcelona. Ia menandatangani kontrak dua tahun di Katalunya.

Baca Juga

Kedatangan Gundogan dipandang akan membawa pengalaman ke dalam skuad Barca. Meskipun berhasil memenangkan gelar La Liga Spanyol musim lalu, Barca kekurangan pemain berpengalaman setelah kepergian Sergio Busquets dan Jordi Alba.

Kesepakatan ini juga melanjutkan pola transfer Barcelona baru-baru ini, yaitu merekrut para pemain yang sudah mapan secara gratis ketika kontraknya berakhir di klub-klub Eropa lainnya.

Namun, meskipun rencana tersebut terlihat jelas, Koeman yakin Barcelona tidak mengikuti jalur yang koheren dengan mendatangkan pemain seperti itu.

"Gundogan adalah pemain yang hebat, namun ia seharusnya direkrut lebih awal dalam kariernya. Untuk sebuah klub yang menatap masa depan, ini adalah rekrutan untuk dua atau tiga tahun ke depan," kata Koeman, sepert laporan dari Marca, Sabtu (8/7/2023).

Koeman mengakui, Gundogan seorang profesional yang hebat tetapi perekrutan sang gelandang hanyalah jangka pendek. "Anda tidak bisa merekrut dua atau tiga pemain di usia-usia seperti itu setiap musim. Anda harus bekerja untuk masa depan. Mendatangkan pemain berusia 22 tahun lebih baik daripada pemain berusia 33 atau 34 tahun," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement