Kamis 20 Jul 2023 16:01 WIB

Arkhan Kaka tak Gentar Bersaing dengan Pemain Diaspora di Timnas U-17

Bima sudah memiliki 32 pemain dalam skuadnya yang mengikuti TC timnas U-17.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Penyerang timnas Indonesia U-17 Arkhan Kaka,
Foto: REPUBLIKA/Afrizal Rosikhul Ilmi
Penyerang timnas Indonesia U-17 Arkhan Kaka,

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemain Persis Solo Arkhan Kaka mengaku tak gentar bersaing dengan pemain Indonesia yang tinggal di luar negeri atau diaspora di timnas U-17. Saat ini, pelatih timnas Indonesia U-17 Bima Sakti masih menyeleksi pemain yang diproyeksikan untuk tampil di Piala Dunia U-17 2023 pada 10 November-2 Desember mendatang.

Sejauh ini, Bima sudah memiliki 32 pemain dalam skuadnya yang mengikuti pemusatan latihan (TC) di Jakarta. Namun proses seleksi masih terus berjalan di 12 kota. Bima juga mengakui akan memanggil pemain diaspora lainnya untuk mengikuti seleksi tersebut. 

Baca Juga

Kaka mengakui persaingan akan ketat untuk memperebutkan posisi di Piala Dunia U-17 2023. Apalagi ajang kompetisi yang akan diikuti levelnya lebih tinggi dari Piala AFF U-16 yang pernah diikutinya. Namun ia percaya semua pemain di seluruh Indonesia punya peluang yang sa,a untuk berada di timnas.

"Kami yang udah berada di sini harus fokus, kerja keras, dan jangan sampai kalah bersaing," kata Kaka usai latihan di Lapangan A Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (20/7/2023).

Sejauh ini, selain Welber Halim Jardim dari Sao Paulo U-17, ada lima pemain diaspora yang mengikuti TC di Jakarta. Mereka adalah Madrid Augusta (AFC'34 Alkmaar), Mahesa Ekayanto (FC Dordrecht), Staffan Qabiel Horrito (Academy Sant Cuggat), Aaron Liam Suitela (Bullen FC), dan Aaron Nathan Ang (Youth FC Nottingen).

Selain keenam nama di atas, Bima juga menyebut sudah menjalin komunikasi dengan Gabriel Han Willhoft-King yang berkiprah di Tottenham Hotspur dan Igor Arungbumi Sanders yang merupakan pemain tim junior PSV Eindhoven. 

"Gabriel di Tottenham itu pernah main di timnas U-16 Inggris melawan Turki. Saya sudah lihat, berapa jumlah passingnya, dia punya kualitas. Tapi tetap, saya buat aturan sama, tidak ada yang istimewa, mereka akan diseleksi juga seperti yang lain," kata Bima.

Arkhan memastikan siap menghadapi persaingan dalam skuad Garuda Muda. Ia akan bekerja terus untuk tampil di kejuaraan dunia tersebut. "Untuk saya sendiri, saya kerja keras, motivasi lebih tinggi lagi dari kemarin. Sekarang sampai nanti untuk berkembang lebih baik lagi dan semangat," kata Kaka.

 

Klasemen Liga 1 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 7 5 2 0 7 5 17
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 7 4 3 0 10 7 15
3 Bali United Bali United 7 4 2 1 12 6 14
4 Persib Bandung Persib Bandung 7 3 4 0 13 6 13
5 PSM Makassar PSM Makassar 7 3 3 1 9 5 12
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement