Jumat 21 Jul 2023 08:36 WIB

Gibran Tegaskan Solo Antusias Gelar Trophy Tour, Sambut Kedatangan Trofi FIBA World Cup

Trofi Naismith akan tiba di Indonesia pada 28 Juli usai berkeliling di Jepang.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming (kiri) bersama Sekjen LOC FIBA World Cup 2023 di Solo, Kamis (20/7/2023).
Foto: Dok LOC FIBA World Cup 2023
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming (kiri) bersama Sekjen LOC FIBA World Cup 2023 di Solo, Kamis (20/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Tiga puluh empat hari menjelang pelaksanaan, Kota Solo siap kedatangan trofi Naismith, yang akan diperebutkan kontestan FIBA World Cup 2023 dalam agenda trophy tour di Indonesia. Trofi Naismith akan hadir di Solo pada 29-30 Juli 2023.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengaku sangat antusias dengan acara ini. Bahkan Gibran menyampaikan Solo siap menjadi kota pertama yang dikunjungi trofi Naismith dalam agenda trophy tour.

Baca Juga

"Saya senang trofi tur perdana ini berangkat dari Solo. Ada beberapa titik landmark Kota Solo yang bisa menjadi opsi untuk pelaksanaan acara agar acaranya banyak bisa dikunjungi oleh masyarakat. Kami juga akan membantu dari segi perizinan dan apa pun yang terkait dengan trofi tur ini dan saya akan hadir pada saat peluncuran," kata Gibran saat menerima perwakilan LOC FIBA World Cup 2023 dan PP Perbasi di ruang kerja Balai Kota Solo, Kamis (20/7/2023).

Harapan Gibran, gelaran ini tidak hanya bisa dinikmati oleh pecinta basket saja, melainkan juga masyarakat Solo khususnya. Hingga mereka bisa merasakan giat dari kegiatan trofi tur yang akan berlangsung selama dua hari ini. "Rute nanti akan kami sampaikan sehingga masyarakat bisa antusias ikut berfoto dengan trofi ini," tambahnya.

Sekretaris Jenderal LOC FIBA World Cup 2023 Junas Miradiarsyah mengatakan, rencananya trofi ini akan berkeliling di tujuh tempat ikonik di Kota Solo. Ini merupakan rangkaian panjang dari kegiatan trofi tur FIBA World Cup 2023 di seluruh dunia, mulai 2 Mei 2023 di Suzhou, Cina hingga nanti 15 Agustus 2023 berakhir di Filipina.

"Di Indonesia, ada tiga kota yang akan dilalui trophy tour ini. Solo, Bali, Surabaya, dan terakhir di Jakarta nanti. Acara utamanya adalah trophy tour, menunjukkan piala yang akan diperebutkan. Masyarakat bisa melihat secara langsung dan berfoto. Bukan hanya itu, nantinya juga akan kegiatan lainnya, kami juga akan mengundang komunitas-komunitas lainnya di Solo untuk turut memeriahkan kegiatan ini," imbuhnya.

Trofi Naismith akan tiba di Indonesia pada 28 Juli, usai berkeliling di Jepang. Indonesia akan menjadi tuan rumah penyisihan Grup G dan H. Total ada delapan negara yang akan bertanding pada 25 Agustus hingga 3 September 2023 di Indonesia Arena, Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Di Grup G ada Iran, juara bertahan Spanyol, Pantai Gading, dan Brasil. Sementara Grup H dihuni oleh Kanada, Latvia, Lebanon dan Prancis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement