Jumat 21 Jul 2023 17:18 WIB

Tak Hanya pada Greenwood, Rooney Juga Sarankan Maguire Segera Tinggalkan MU

Pelatih MU Erik Ten Hag dinilai sudah tidak lagi membutuhkan tenaga Maguire.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Bek Manchester United (MU) Harry Maguire.
Foto: AP Photo/Rui Vieira
Bek Manchester United (MU) Harry Maguire.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Mantan penyerang Manchester United (MU), Wayne Rooney, menyarankan kepada dua penggawa MU untuk meninggalkan Stadion Old Trafford pada jendela transfer pertengahan tahun ini. Selain kepada Mason Greenwood, Rooney juga menyarankan hal serupa kepada Harry Maguire.

Pelatih MU, Erik ten Hag, telah memastikan, Maguire sudah tidak lagi mengenakan ban kapten Iblis Merah. Sebelumnya, mantan bek tengah Leicester City itu sempat dipercaya mengenakan ban kapten MU pada 2020 silam, tepatnya saat MU masih ditukangi Ole Gunnar Solskjaer.

Baca Juga

Pada musim ini, Maguire sebenarnya sudah tidak lagi mengenakan ban kapten Man United. Bruno Fernandes kerap dipercaya memimpin para penggawa Iblis Merah di atas lapangan. Keputusan Ten Hag untuk mencopot ban kapten dari tangan Maguire kian menguatkan sinyal kepergian sang bek.

Pelatih asal Belanda itu dinilai sudah tidak lagi membutuhkan tenaga bek tengah berusia 30 tahun tersebut pada musim depan. Terlebih, Maguire dinilai terus mengalami penurunan performa dalam beberapa musim terakhir. Begitu pula dengan persaingan sengit yang dihadirkan Raphael Varane dan Lisandro Martinez.

Rooney pun menyarankan Maguire untuk berganti klub pada jendela transfer musim panas tahun ini. Tanpa ada kepercayaan dari pelatih, ujar Rooney, sepertinya akan sulit bagi Maguire untuk bisa tampil secara reguler pada musim depan.

''Pelatih telah menunjukkan Harry sudah bukan bagian dari rencananya. Harry, saya yakin, masih ingin bermain dengan karier dan peluang tampil bersama timnas Inggris. Namun, langkah terbaik buat dia saat ini adalah hijrah ke klub lain,'' ujar Rooney seperti dilansir The Athletic, Jumat (21/7/2023).

West Ham United dikabarkan tertarik menampung pemain yang masih tercatat sebagai bek termahal sejagat tersebut. Man United pun siap menurunkan banderol transfer Maguire, yang didatangkan dari Leicester City dengan nilai transfer mencapai 80 juta poundsterling pada 2019 silam.

Namun, gaji tinggi Maguire menjadi kendala tersendiri buat the Hammers untuk bisa mendatangkan Maguire.

Tidak hanya kepada Maguire, Rooney juga menyarankan Greenwood untuk meninggalkan Iblis Merah. Penyerang Man United pada kurun waktu 2004 hingga 2017 itu menilai, kasus hukum yang sempat membelit winger asal Inggris itu berpotensi merusak citra MU.

Sebelumnya, Greenwod sempat tersandung kasus kekerasan dan percobaan pemerkosaan terhadap kekasihnya. Meski Kejaksaan Kerajaan Inggris telah menangguhkan kasus tersebut, winger berusia 21 tahun itu dinilai akan mengalami kesulitan untuk bisa meneruskan kariernya apabila bertahan di Man United.

''Mason berada dalam posisi yang sulit. Saya yakin, dia ingin terus memperkuat klub tersebut. Namun, buat sebuah klub, hal itu dapat berpengaruh pada citra. Saya rasa, hal terbaik buat Mason adalah keluar dari Man United dan coba mengembangkan karier bersama klub lain,'' jelas mantan penyerang timnas Inggris tersebut.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement