Ahad 23 Jul 2023 22:14 WIB

Bintang Leicester City Ini Resmi Menjadi Milik Newcastle United

Newcastle United merogoh kocek sedalam 39 juta poundsterling untuk menggaet Barnes.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pemain sayap Leicester City, Harvey Barnes, yang akhirnyaa digaet Newcastle United sejak musim 2023/2024.
Foto: Isaac Parkin/PA via AP
Pemain sayap Leicester City, Harvey Barnes, yang akhirnyaa digaet Newcastle United sejak musim 2023/2024.

REPUBLIKA.CO.ID, NEWCASTLE -- Newcastle United akhirnya merampungkan kepindahan Harvey Barnes dari Leicester City. Manajemen the Magpies langsung mengikat winger asal Inggris tersebut dengan durasi kontrak selama lima tahun.

Berdasarkan lansiran Sky Sports, Newcastle United merogoh kocek sedalam 39 juta poundsterling, termasuk bonus, untuk bisa menebus Barnes dari The Foxes. Sebelumnya, besaran nilai transfer sempat menjadi kendala terbesar dalam kepindahan winger berusia 25 tahun tersebut.

Baca Juga

The Foxes menginginkan nilai transfer sebesar 40 juta poundsterling, sedangkan the Magpies hanya siap menggelontorkan dana transfer sebesar 35 juta poundsterling. Namun, dengan pengumuman resmi dari the Magpies, kedua klub tersebut sepertinya sudah menemukan solusi dari kendala tersebut.

''Newcastle United dengan bangga memperkenalkan Harvey Barnes sebagai rekrutan terbaru. Barnes bergabung dengan tim besutan Eddie Howe dari Leicester City. Pemain berusia 25 tahun itu telah menandatangani kontrak berdurasi lima tahun,'' tulis pernyataan resmi Newcastle United, Ahad (23/6/2023).

Mulai menghuni tim utama Leicester secara reguler pada musim 2019/2020, performa Barnes memang mulai menjadi sorotan. Pada musim lalu, Barnes sukses mengemas 13 gol dan satu assist di pentas Liga Primer Inggris.

Barnes tercatat menjadi pemain dengan koleksi gol terbanyak yang berasal dari klub di luar papan atas klasemen Liga Primer Inggris musim lalu.

Seiring dengan kegagalan the Foxes bertahan di Liga Primer Inggris, Barnes dikabarkan bakal berganti klub pada jendela transfer musim panas tahun ini. Sejak dipromosikan ke tim utama the Foxes, Barnes tercatat telah tampil di 184 laga di semua ajang dan menyumbang 45 gol dan 32 assist.

Dengan kehadiran Barnes, Newcastle United tercatat telah mendatangkan tiga pemain di jendela transfer musim panas tahun ini. Sebelumnya, klub milik lembaga investasi Pemerintah Arab Saudi (PIF) tersebut sudah merekrut penyerang muda Odense BK, Yankuba Minteh, dan gelandang bertahan AC Milan, Sandro Tonali.

Pelatih Newcastle United, Eddie Howe, pun menilai, kehadiran Barnes akan memberikan dimensi dan warna berbeda dalam serangan the Magpies pada musim ini.

''Dia pemain yang kuat, cepat, dan sangat bagus dalam kemampuan teknik. Dia juga bisa memberikan kontribusi gol dari posisinya sebagai winger. Dia akan memberikan elemen berbeda dalam serangan kami,'' ujar Howe seperti dilansir laman resmi klub.

Kehadiran Barnes ini sekaligus menegaskan rencana the Magpies untuk melepas winger asal Prancis, Allan Saint-Maximin. Sebelumnya, Newcastle United dilaporkan siap melepas Saint-Maximin ke klub asal Arab Saudi, Al Ahli. Barnes pun akan diplot sebagai pengganti Saint-Maximin pada musim ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement