Rabu 26 Jul 2023 10:04 WIB

Guardiola Tegaskan Bakal Pertahankan Walker dari Kejaran Munchen

Walker adalah bek kanan terbaik di dunia saat ini.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Kyle Walker (tengah). Walker dalam incaran Bayern Munchen.
Foto: EPA-EFE/ADAM VAUGHAN
Kyle Walker (tengah). Walker dalam incaran Bayern Munchen.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, belum mau berpisah dengan Kyle Walker. The Citizens, ujar pelatih asal Spanyol, itu akan berusaha keras untuk mempertahankan bek kanan asal Inggris tersebut pada jendela transfer musim panas tahun ini.

Walker begitu santer dikabarkan tengah menjadi incaran Bayern Munchen. Thomas Tuchel, yang ditunjuk menukangi Die Bayern pada pertengahan musim lalu, disebut-sebut telah menempatkan Walker sebagai salah satu pemain prioritas yang didatangkan Die Bayern pada jendela transfer musim panas tahun ini.

Baca Juga

Ketimbang mengubah status kepindahan Joao Cancelo, Tuchel dilaporkan lebih tertarik untuk mendatangkan Walker dari City. Sadar salah satu anak asuhnya menjadi incaran Muenchen, Guardiola pun menegaskan tidak akan tinggal diam untuk mempertahankan bek kanan berusia 33 tahun tersebut.

Secara khusus, eks pelatih Barcelona itu mengungkapkan, Walker memiliki peran penting dalam sistem permainan The Citizens. Mantan bek kanan Tottenham Hotspur itu, ujar Guardiola, memiliki kemampuan spesifik yang jarang ditemui di pemain lain.

''Kami akan bertarung untuk dia, seperti halnya saya yakin, Bayern juga akan melakukan hal yang sama. Namun, saya tidak tahu apa yang akan terjadi. Dia adalah pemain yang sangat penting buat kami. Dia memiliki kualitas spesifik, yang sulit dicarikan penggantinya. Kami menginginkan dia untuk tetap berada di tim ini,'' kata Guardiola seperti dikutip Express, Selasa (25/7/2023).

Guardiola agaknya akan berusaha membujuk Walker menerima tawaran perpanjangan kontrak dari manajemen City. Sebelumnya, manajemen The Citizens dilaporkan telah melayangkan tawaran perpanjangan kontrak berdurasi dua tahun buat Walker. Saat ini, kontrak eks bek kanan Sheffield United itu bersama City akan habis pada 2024 mendatang.

Namun, Walker diketahui belum memberikan respon terkait tawaran perpanjangan kontrak tersebut. Telah berhasil mengantarkan City meraih tiga gelar sekaligus pada musim lalu membuat Walker diyakini tengah mempertimbangkan mencari tantangan baru bersama klub lain. Tawaran dari Munchen dapat menjadi opsi yang diambil oleh pemain yang memperkuat City sejak 2017 tersebut.

Sinyal kepergian Walker dari City pun diperkuat dengan kabar absennya bek kanan Timnas Inggris di laga persahabatan kontra Bayern Muenchen. Rencananya, City akan melakoni laga pra-musim kontra Muenchen di Stadion National Jepang, Rabu (26/7/2023) waktu setempat.

Kendati begitu, Guardiola membantah kabar tersebut. Kendati laga kontra Munchen hanya berstatus partai pra-musim, Guardiola berencana untuk menurunkan para penggawa terbaik City di laga tersebut, termasuk dengan kemungkinan menurunkan Walker. 

''Kami membutuhkan para pemain terbaik di laga kontra Muenchen. Jadi, atas alasan apa dia (Walker) absen di laga itu? Kylie masih menjadi pemain kami dan berharap kondisi itu terus terjaga pada musim ini,'' ujar eks pelatih Bayern Munchen itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement