Rabu 26 Jul 2023 12:22 WIB

Fakta tentang Sirkuit Paling Angker di Eropa yang Justru Tunduk di Tangan Valentino Rossi

Bagi Rossi, sirkut angker tersebut bagaikan surga untuk kebut-kebutan.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Valentino Rossi melakukan selebrasi seusai memenangi seri balapan MotoGP di Sirkuit Assen, Belanda pada musim 2017 silam.
Foto: EPA/BAS CZERWINSKI
Valentino Rossi melakukan selebrasi seusai memenangi seri balapan MotoGP di Sirkuit Assen, Belanda pada musim 2017 silam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Valentino Rossi menghabiskan lebih dari dua dekade berkiprah di kelas utama MotoGP. Selama rentang waktu tersebut, Rossi telah tampil di 372 sesi balapan dan berhasil mengakhiri sesi balapan di podium tertinggi sebanyak 89 kali. 

Mantan pembalap MotoGP berjuluk the Doctor itu masih tercatat sebagai rider dengan koleksi kemenangan terbanyak di sepanjang sejarah kelas MotoGP. Catatan kemenangan di kelas utama milik Rossi itu bahkan mengungguli koleksi kemenangan milik pembalap legendaris asal Italia, Giacomo Agostini.

Baca Juga

Dari 89 kemenangan di kelas utama tersebut, Rossi tercatat paling sering menjadi yang tercepat di Sirkuit Assen, Belanda. Apabila ditarik lebih jauh, termasuk saat tampil di kelas 125 cc dan 250 cc, Rossi meraih 10 kemenangan di Sirkuit Katalunya, Barcelona, dan Sirkuit Assen.

Namun, jika menilik catatan penampilan di kelas utama, Rossi lebih sering meraih kemenangan di GP Belanda, yang digelar di Sirkuit Assen, ketimbang di GP Barcelona, yang dihelat di Sirkuit Katalunya. Sejak resmi mengaspal di kelas utama pada 2000, Rossi telah mengoleksi tujuh kemenangan di Sirkuit Katalunya.

Di Sirkuit Assen, mantan rider MotoGP asal Italia itu mencatatkan delapan kemenangan. Di sirkuit dengan jarak 4,54 kilometer itu pula Rossi mencatatkan kemenangan terakhir di kelas utama MotoGP, tepatnya pada 2017, sebelum pensiun pada 2021. Sirkuit Assen bisa dibilang menjadi saksi terakhir kejayaan Rossi.

Rossi, yang saat itu masih memperkuat tim Yamaha Movistar, mencatatkan 41 menit 41 detik dalam melahap 26 lap di sesi balapan GP Belanda musim 2017. Rossi mengungguli Danilo Petruci, yang saat itu memperkuat tim satelit Ducati, dan Marc Marquez, yang harus puas finish di peringkat ketiga bersama tim Repsol Honda.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement