Rabu 26 Jul 2023 15:11 WIB

Arteta Bela Pemain Arsenal: Mereka Perlu Adaptasi

Arteta membela langkahnya membeli Kai Havertz dari Chelsea.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Pelatih Arsenal Mikel Arteta
Foto: EPA-EFE/VINCE MIGNOTT
Pelatih Arsenal Mikel Arteta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih Arsenal Mikel Arteta membela Kai Havertz dan menegaskan lini tengah barunya memiliki kualitas fisik yang dibutuhkan untuk berkembang di Liga Primer Inggris. Keputusan manajer Arsenal untuk membelanjakan 65 juta poundsterling untuk pemain internasional Jerman, yang sebagian besar kurang beruntung selama tiga tahun yang penuh gejolak di Chelsea, menimbulkan pertanyaan. 

Penggemar Arsenal melihat sekilas cetak biru lini tengah Arteta saat melawan Manchester United pada Ahad (23/7/2023). Bukti tersuguh, butuh waktu bagi trio Declan Rice, Martin Odegaard, dan Havertz untuk menyatu.

Baca Juga

Arteta, bagaimanapun, yakin Havertz akan membuktikan kelihaian yang lebih cerdas. Dengan pemain seperti Thomas Partey, Jorginho dan Mohamed Elneny di skuad, Arsenal memiliki lebih dari cukup pilihan untuk mengatasi lawan fisik.

"Kami juga harus menemukan keseimbangan yang tepat, tetapi setahun yang lalu Granit tidak akan pernah bisa memainkannya sebagai gelandang serang," kata Arteta menjelang pertandingan persahabatan pramusim melawan Barcelona, dikutip dari Metro, Kamis (27/7/2023).

Dia meminta waktu untuk mencoba menyelesaikan pekerjaan tersebut. Arteta mengungkapkan ini pertama kalinya Arsenal bermain dengan empat pemain di dalam, dan tiga dari mereka belum pernah bermain untuk tim sehingga perlu waktu agar semua pemain itu beradaptasi. 

"Jadi tiga dari empat, mereka tidak pernah bermain bersama. Jadi, tenang! Hari demi hari, terus lakukan hal yang benar, beri orang kesempatan untuk menempatkan mereka pada hal yang benar dan kita akan baik-baik saja," kata dia. 

Ia juga membela pemainnya yang dianggap remeh dari segi fisik. "Anda menggunakan kata 'fisik'. Jadi jika saya menempatkan Granit dan Kai dan saya bertanya siapa yang lebih fisik? Apa yang akan Anda sampaikan? Tergantung. Jadi kami akan cocok dengan kualitas yang kami miliki, itu sudah pasti," ujarnya.

Di sisi lain, Arteta menilai ini menjadi kabar baik bagi Arsenal karena akhirnya mereka mempunyai opsi. "Saat kami memiliki permainan yang lebih mengandalkan fisik, kami juga bisa menjadi sangat mengandalkan fisik. Kami memiliki opsi yang tepat," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement