Jumat 28 Jul 2023 09:40 WIB

Pembalap Ducati Ini Sarankan Marc Marquez tak Grusa-Grusu Lagi Saat Membalap di MotoGP

Marquez disarankan lebih sabar agar tidak melukai diri sendiri karena terjatuh.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Pembalap Pramac Ducati, Johann Zarco (kanan), dan pembalap Repsol Honda Marc Marquez saat balapan MotoGP di Portugal, Maret 2023 lalu.
Foto: REUTERS/MARCELO DEL POZO
Pembalap Pramac Ducati, Johann Zarco (kanan), dan pembalap Repsol Honda Marc Marquez saat balapan MotoGP di Portugal, Maret 2023 lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pembalap Ducati, Johann Zarco, mengatakan Marc Marquez perlu lebih tenang dan terkendali setelah juara dunia MotoGP enam kali itu kembali mengalami kecelakaan dan cedera pada tahun 2023. Zarco salah satu dari beberapa pembalap yang pernah berhadapan dengan Marquez di paruh pertama musim ini.

Zarco melihat Marquez masih belum tenang alias grusa-grusu dan kurang terkendali ketika di lintasan.

Baca Juga

Pembalap asal Prancis itu turut prihatin atas kecelakaan yang sering dialami oleh Marquez. Maka dari itu, menurut Zarco, butuh pendekatan yang berbeda dari Baby Alien, julukan Marquez, untuk mengatasi masalah yang dihadapi dalam dua musim terakhir.

“Dengan waktu yang dia miliki bersama Honda, mungkin dia perlu sedikit lebih tenang dan kontrol bahwa dia tidak bisa meraih kemenangan karena motornya tidak kompetitif pada saat ini,” kata Zarco saat berbicara dengan Motosan, dilansir dari Crash, Jumat (28/7/2023).

Marquez disarankan lebih sabar agar tidak melukai diri sendiri karena terjatuh. Menurut Zarco, MotoGP saat ini sangat cepat. Namun motor Ducati memiliki kontrol yang lebih baik dari sebelumnya.

Zarco mengaku tidak suka mengambil risiko lebih dari yang diperlukan ketika balapan. Pembalap usia 33 tahun itu lebih memilih bisa mengendalikan motor dengan cara terbaik. Menurutnya, cara tersebut adalah yang terpenting.

"Saya berusaha maksimal dari apa yang bisa saya berikan. Seiring bertambahnya usia Anda memiliki lebih banyak kontrol dan lebih sedikit kegilaan, pada level ini penting untuk lebih mengontrol," jelas Zarco.

Zarco masih menyimpan banyak catatan dalam perjalanannya di MotoGP. Pada tahun ini, Zarco menjadi salah satu yang tercepat. Tetapi langkah lambat di awal lap membuatnya gagal meraih podium lebih banyak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement