Jumat 28 Jul 2023 09:54 WIB

Bima Sakti Bongkar Pasang Pemain Selama Proses Seleksi Timnas U-17

Sementara ada sembilan pemain yang dipulangkan kembali ke klub.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Dua calon pemain Timnas U-17 berebut bola saat mengikuti seleksi Timnas U-17 di Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah,  Ahad (23/7/2023). PSSI menggelar seleksi pemain Timnas Indonesia U-17 yang berlangsung di 12 kota untuk mencari pemain yang akan dipersiapkan untuk Piala Dunia U-17 pada 10 November hingga 2 Desember mendatang.
Foto: ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha
Dua calon pemain Timnas U-17 berebut bola saat mengikuti seleksi Timnas U-17 di Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah, Ahad (23/7/2023). PSSI menggelar seleksi pemain Timnas Indonesia U-17 yang berlangsung di 12 kota untuk mencari pemain yang akan dipersiapkan untuk Piala Dunia U-17 pada 10 November hingga 2 Desember mendatang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih kepala tim U-17 Indonesia, Bima Sakti, mempromosikan 10 orang pemain baru di dalam timnya. Sementara ada sembilan pemain yang dipulangkan kembali ke klub mereka masing-masing. Perincian 10 pemain yang dipanggil Bima, antara lain dua kiper, empat pemain belakang, dua pemain tengah, serta dua pemain depan.

Salah satu nama yang dipulangkan Bima merupakan jebolan tim U-16 yang menjuarai AFF U-16 tahun 2022, yakni Arkhan Kaka Putra Purwanto dari Persis Solo, pasalnya ia dibutuhkan untuk berlaga di kompetisi BRI Liga 1. Itu bukan berarti pemain kelahiran Blitar itu tidak lolos seleksi. Bima menjelaskan kepulangan Kaka ke Persis merupakan bagian dari perjanjian antara PSSI dengan klub. 

Baca Juga

"Soal Kaka, kita sudah komitmen dengan Persis solo. Bahwa Kaka akan kita panggil selama 2 minggu TC dan itu sangat penting buat Kaka juga dan buat pemain yang lain," kata Bima usai latihan di Lapangan A Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (27/7/2023). "Bukan, bukan dicoret. Karena memang sebenarnya si (Sulthan) Zaky juga ini, tapi sementara ini Zaky masih di sini," ujarnya menambahkan. 

Kendati demikian, Bima kembali menegaskan tidak ada jaminan bagi pemain untuk tetap berada di skuad. Pasalnya, Bima hanya akan memilih yang terbaik. "Tentu kami sangat selektif memilih pemain dan mencari pemain sesuai kebutuhan tim. Kriteria yang kami cari tentu dari kualitas pemain tersebut, skill individu, chemistry dengan teman-temannya, mental, disiplin, dan lain-lainnya," kata dia.

Adapun delapan pemain lain adalah Muhammad Afazriel (PSS Sleman), Aaron Nathan Ang (FC Nottingen Verbandsliga U-17), Dimas Arya (Persipasi Bekasi), Staffan Qabiel Horrito (Sant Cuggat FC Academy), Mahesa Ekayanto (FC Dordrecht), Muhamad Gaoshirowi (Persib Academy), Madrid Augusta (AFC '34 Alkmaar) dan Faizal Pratama Naufal (Persekat).

Sementara itu, berikut adalah daftar pemain baru yang dipanggil ke TC Timnas U-17:

 

Kiper: Akbar Asrori (Deltras FC), Rifky Tofani (PPOP DKI Jakarta)

 

Belakang: Ocean Erwin Lim (Fornells Barcelona), Christian Deo Putra Lambok (PPOP DKI Jakarta), Dwi Berta Setiawan (Bhayangkara FC), Agung Sentosa (Bina Sentra Cirebon)

 

Tengah: Muh. Sadewa (ASIFA), Ruben Asoka Jaya Prayitno (Bhayangkara FC)

 

Depan: Reno Salampessy (Volta PLN Jayapura), Reyvan Rezqi Ilahi (SKO Sumbar)

Klasemen Liga 1 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 6 5 1 0 7 5 16
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 6 4 2 0 10 7 14
3 Persib Bandung Persib Bandung 6 3 3 0 11 6 12
4 Bali United Bali United 6 3 2 1 9 5 11
5 PSM Makassar PSM Makassar 6 3 2 1 8 5 11
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement