Jumat 28 Jul 2023 18:15 WIB

Kapolri Berikan Dukungan Penuh Penyelenggaraan FIBA World Cup 2023

Kapolri Listyo Sigit Prabowo menjanjikan keamanan selama FIBA World Cup 2023.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Kaplri Listyo Sigit Prabowo (kanan) menerima Ketua Umum Perbasi Danny Kosasih (tengah) dan perwakilan LOC FIBA World Cup 2023 Cahyadi Wanda di Mabes Polri, Jumat (28/7/2023), Kapolri menjanjikan dukungan penuh dari sisi pengamanan untuk kesuksesan FIBA World Cup 2023.
Foto: Dok LOC FIBA World Cup 2023
Kaplri Listyo Sigit Prabowo (kanan) menerima Ketua Umum Perbasi Danny Kosasih (tengah) dan perwakilan LOC FIBA World Cup 2023 Cahyadi Wanda di Mabes Polri, Jumat (28/7/2023), Kapolri menjanjikan dukungan penuh dari sisi pengamanan untuk kesuksesan FIBA World Cup 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo memberikan dukungan penuh terhadap penyelenggaraan FIBA World Cup 2023 yang akan dimulai pada 25 Agustus di Indonesia Arena, Jakarta. Dukungan ini disampaikan Kapolri saat menerima perwakilan Panitia Pelaksana (LOC) FIBA World Cup 2023 Indonesia yang didampingi oleh Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (28/7/2023) pagi.

Saat menerima perwakilan LOC, Kapolri didampingi Kabaintelkam Polri Komjen Pol Suntana, Asops Kapolri Irjen Pol Verdianto Iskandar Bitticaca, Kadiv Humas Polri Irjen Pol Sandi Nugroho, dan Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Suyudi Ario Seto.

Baca Juga

Dalam pertemuan ini, Danny menyampaikan secara umum rencana penyelenggaraan FIBA World Cup 2023. Piala Dunia Bola Basket yang pertama kali diselenggarakan di Indonesia ini akan bermain di venue baru yang dibangun pemerintah. Delapan negara peserta yang diperkuat para pebasket kelas dunia akan menginap di Hotel Fairmont sepanjang turnamen. 

"Kapolri menyambut baik gelaran FIBA World Cup 2023 di Indonesia dan siap mendukung agar event kelas dunia ini berjalan dengan aman dan nyaman," kata Danny.

Kapolri menanyakan secara detail tentang gedung dan berbagai hal lainnya untuk pemetaan keamanan. Setelahnya, Kapolri menugaskan Wakapolda Metro Jaya Brigjen Polisi Suyudi Ario Seto untuk bertanggung jawab membantu langsung pihak LOC dalam pengamanan. Polda Metro Jaya dan Mabes Polri bertanggung jawab atas perizinan dan menyiapkan pengamanan penuh event FIBA World Cup 2023. Pihak kepolisian juga siap mengawal dan mengantar peserta untuk mengunjungi landmark Kota Jakarta, di antaranya Kota Tua dan TMII.

"Selain menjamin keamanan dan perizinan, Bapak Kapolri juga akan menggelar event pendukung menyambut FIBA World Cup 2023 dengan menghadirkan Kapolri Cup Basket 2023 pada 1-7 Agustus 2023 di GMSB Kuningan Jakarta. Setelah sebelumnya menggelar 3x3, sekarang yang lima lawan lima," Cahyadi Wanda Joint Management Committee (JMC) FIBA World Cup 2023 Cahyadi Wanda yang juga ikut dalam delegasi LOC.

"Kami berterima kasih atas dukungan yang diberikan oleh Bapak Kapolri dan jajarannya, terutama karena kita membutuhkan kemananan ekstra untuk para superstar basket dunia yang akan datang bermain di Jakarta. Kita harus menunjukkan kesiapan kita kepada FIBA, di antaranya dengan memberikan jaminan kemanan untuk event ini. Apresiasi kami kepada Bapak Kapolri dan jajarannya karena berkomitmen mendukung penuh event FIBA World Cup 2023 ini," kata Cahyadi menambahkan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement