Ahad 30 Jul 2023 02:16 WIB

Trofi FIBA World Cup Dipamerkan 2 Hari di Solo

Agenda Trophy Tour FIBA World Cup 2023 dimulai dari Kota Solo.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Suasana Trophy Tour FIBA World Cup 2023 di Solo Techno Park pada Sabtu (30/7/2023).
Foto: LOC FIBA World Cup 2023
Suasana Trophy Tour FIBA World Cup 2023 di Solo Techno Park pada Sabtu (30/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Trofi Naismith, piala yang diperebutkan oleh peserta FIBA World Cup 2023 menyambangi Kota Solo pada Sabtu (29/7/2023), dalam rangkaian kegiatan bertajuk Trophy Tour. Usai sampai di Kota Bengawan, trofi bergengsi ini dibawa bekeliling Solo dan dipamerkan di Solo Techno Park, Jebres dan Rumah Dinas Wali Kota Solo, Loji Gandrung.

Selain trofi Naismith, pihak Panitia Lokal (LOC) FIBA World Cup 2023 yang menggelar acara Trophy Tour ini juga memperkenalkan maskot  bernama JIP, akronim nama negara-negara tuan rumah event basket akbar yang dimulai pada 25 Agustus mendatang (Japan, Indonesia, Philippines).

Baca Juga

Deputy Event Director FIBA World Cup 2023 Agus Mauro mengatakan, Solo dipilih menjadi salah satu kota yang didatangi trofi Naismith karena sejumlah pertimbangan. Yang paling utama karena antusiasme masyarakat Solo untuk terhadap olahraga bola basket yang tinggi.

"Kita pilih Solo untuk memulai Trophy Tour karena kota ini sebagai basis bola basket di Indonesia selain kota-kota lain yang kita akan kunjungi, yaitu Denpasar, Surabaya, dan Jakarta," ujar Agus di Solo Techno Park, Sabtu (29/7/2023) sore.

Trophy Tour FIBA World Cup 2023 ini menjadi salah satu cara untuk memperkenalkan ajang bergengsi tingkat dunia yang bakal digelar di Indonesia Arena, Jakarta, akhir Agustus mendatang. Indonesia mendapatkan tugas menggelar pertandingan Grup G dan H, yang diisi oleh tim-tim basket dunia, di antaranya juara bertahan Spanyol, Prancis, dan Kanada.

"Ini pertama kali turnamen besar FIBA digelar di Indonesia Arena. Sekian tahun kita merdeka ini, baru ada satu stadion dengan fasilitas di atas 16 ribu penonton. Bahkan NBA sendiri mengatakan tidak ada kecacatan," kata dia.

Ketua PP Perbasi Danny Kosasih menambahkan, adanya penyelenggaraan FIBA World Cup 2023 di Indonesia akan sangat berdampak bagi perbasketan Tanah Air.

"Adanya kejuaraan dunia di Indonesia bisa memberikan harapan bagi generasi muda untuk mencapai prestasi di kemudian hari," ujar Danny usai acara.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sendiri mengatakan, pihaknya sangat mendukung gelaran FIBA World Cup 2023 kali ini.

"Bagus, bagus, bagus, dukung penuh," ujar Gibran.

Setelah dipamerkan di Solo Techno Park pada Sabtu, trofi Naismith akan dipajang di Loji Gandrung pada Ahad (30/7/2023) pagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement