Senin 31 Jul 2023 06:44 WIB

Akhirnya Ten Hag Angkat Bicara Soal Keputusan Depak De Gea Demi Andre Onana

Onana adalah permintaan khusus Ten Hag kepada manajemen.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Andre Onana.
Foto: EPA-EFE/SEDAT SUNA
Andre Onana.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Pelatih Manchester United (MU) Erik ten Hag akhirnya membeberkan alasan mengapa dirinya memilih melengserkan David de Gea dengan mendatangkan Andre Onana musim panas ini.

Ten Hag menyebut, Onana dapat mentransformasi skema permainan the Red Devils untuk musim kampanye 2023/2024.

Baca Juga

"Onana penjaga gawang yang hebat dan memiliki profil yang berbeda. Itulah mengapa kami ingin mengontraknya. Dengan dia, sesuatu akan berubah dalam permainan kami," kata Ten Hag menjelaskan dikutip Mirror, Senin (31/7/2023).

Kiper asal Kamerun itu memang menjadi permintaan khusus Ten Hag kepada manajemen MU. Onana didatangkan MU dari klub Italia Inter Milan sebesar 47 juta pounds awal bulan ini.

Praktis dengan kepergian De Gea pun membuat Onana menjadi pilihan utama penjaga gawang Setan Merah. Ia sudah ikut serta dalam tur pramusim MU di Amerika Serikat.

Sementara mantan penjaga gawang MU Ben Foster mengakui bahwa mengganti De Gea dengan Onana mungkin adalah langkah yang tepat, ia merasa De Gea layak dipertahankan satu musim ke depan.

"Dia adalah penjaga gawang modern. Jika Manchester United ingin berkembang dan maju, mereka harus merekrut Onana. Begitulah yang terjadi dan sesederhana itu," kata Ben Foster.

Foster kemudian mengetahui rencana Ten Hag dalam mendatangkan Onana, terkait skema permainan di atas lapangan. Kata dia, Onana dapat memegang peran penting dalam filosofi strategi tim musim mendatang.

"Saya telah melihat cara dia bermain dan dia sangat tinggi, dengan nyaman berlari dengan bola. Menarik apakah pemain akan siap, tapi itu adalah langkah tepat."

Kiper 27 tahun itu diketahui sangat piawai dalam memegang bola dan tetap tampil tenang meski berada dalam tekanan lawan. Ten Hag pun ingin memiliki sosok portiere yang mampu mendistribusikan bola dari bawah alias dari lini paling belakang untuk membangun serangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement