Senin 31 Jul 2023 21:54 WIB

Arsenal Dapat Angin Segar Terkait Peluang Rekrut Kiper Brentford

Pelatih Brentford pun sudah memberikan lampu hijau.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Kiper Brentford David Raya.
Foto: AP Photo/Chris Szagola
Kiper Brentford David Raya.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih Brentford, Thomas Frank, memberikan lampu hijau terkait kepergian penjaga gawang asal Spanyol, David Raya, pada jendela transfer musim panas tahun ini. Hal ini menjadi angin segar buat Arsenal, yang dikabarkan tengah mencari kiper anyar guna meningkatkan persaingan d pos penjaga gawang.

Saat ini, Ramsdale diketahui menjadi pilihan utama di bawah mistar gawang The Gunners. Penjaga gawang asal Amerika Serikat, Matt Turner, menjadi pelapis sekaligus pilihan kedua di tim utama Arsenal. Namun, Turner kabarnya menarik minat Nottingham Forest.

Baca Juga

Alhasil, The Gunners bersiap untuk mendatangkan penjaga gawang anyar dengan kualitas mumpuni. Tidak hanya sebagai pelapis, tapi pelatih Arsenal, Mikel Arteta, dilaporkan berharap kehadiran penjaga gawang baru tersebut bisa memberikan persaingan kepada Ramsdale dalam memperebutkan posisi utama penjaga gawang.

Bidikan Arsenal pun tertuju pada Raya. Penjaga gawang berusia 27 tahun itu dinilai menjadi salah satu pilar utama keberhasilan Brentford promosi ke Liga Primer Inggris pada musim 2021/2022. Eks penjaga gawang Blackburn Rovers itu pun tampil cukup impresif saat membawa The Bees bertahan di Liga Primer Inggris dalam dua musim terakhir.

Pengakuan terhadap kemampuan Raya tergambar dengan keberhasilan Raya menembus timnas Spanyol di gelaran Piala Dunia 2022. Pelatih Timnas Spanyol saat itu, Luis Enrique, menempatkan Raya sebagai kiper pilihan ketiga setelah unai Simon dan Robert Sanchez. Mulai dipercaya memperkuat Timnas Spanyol pada 2022, Raya sudah mengemas dua caps buat La Furia Roja.

Sadar soal ketertarikan terhadap Raya, Frank mengaku siap berpisah dengan pemain kelahiran Barcelona tersebut. Frank pun paham apabila Raya berharap untuk hijrah guna bisa tampil di level kompetisi yang lebih tinggi, seperti Liga Champions. Setidaknya ini menjadi angin segar buat Arsenal dalam langkah awal untuk bisa bisa mendatangkan Raya, yang masih memiliki sisa kontrak selama setahun bersama Brentford. 

''Saya rasa, bisa dipahami apabila pemain itu ingin hengkang apabila ada kesempatan bagus yang datang kepadanya. Kami juga berpikir itu menjadi ide bagus, asal dengan nilai transfer yang tepat,'' kata Frank seperti dikutip The Guardian, Senin (31/7/2023).

Namun, pelatih asal Denmark itu menegaskan, Brentford tidak akan melepas Raya dengan nilai transfer kurang dari 40 juta poundsterling. Banderol transfer ini, ujar Frank, rasanya cukup realistis apabila melihat valuasi ditetapkan untuk pemain bintang di jendela transfer musim panas tahun ini.

Kini, Frank menyerahkan sepenuhnya kepada manajemen klub dan perwakilan Arsenal terkait negosiasi kepindahan Raya. Kendati begitu santer dilaporkan berminat mendatangkan Raya, Arsenal dilaporkan belum melayangkan tawaran secara resmi kepada Brentford.

''Seperti negosiasi lainnya, saya berharap bisa mendapatkan 40 juta poundsterling. Saya rasa, dia adalah salah satu penjaga gawang terbaik di Liga Primer Inggris. Dia (Raya) tengah berada dalam usia terbaik. Namun, bukan saya yang bernegosiasi, semuanya terserah pada manajemen klub dan Arsenal,'' kata Frank seperti dilansir Daily Mail.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement