Selasa 01 Aug 2023 08:35 WIB

Gebrakan Klub Arab Saudi Berlanjut, Kali Ini Giliran Fabinho Resmi Diambil

Fabinho merasa telah meninggalkan rumah.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Fabinho (kanan) resmi pindah ke Liga Arab Saudi Al Ittihad.
Foto: EPA-EFE/PETER POWELL
Fabinho (kanan) resmi pindah ke Liga Arab Saudi Al Ittihad.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Klub-klub asal Arab Saudi terus menggeliat di bursa transfer pemain Eropa pada pertengahan tahun ini. Kali ini, giliran Al Ittihad yang telah menyelesaikan kepindahan gelandang bertahan asal Brasil, Fabinho, dari Liverpool. 

Lewati sebuah unggahan di akun media sosialnya, Al Ittihad menampilkan foto Fabinho yang tengah duduk dengan mengenakan seragam klub yang berbasis di Jeddah tersebut. Hal ini menjadi pernyataan awal juara Liga Arab Saudi musim lalu itu terkait keberhasilan mendatangkan gelandang berusia 29 tahun tersebut. 

Baca Juga

Kendati belum ada keterangan lanjutan dari Al Ittihad, termasuk soal besaran nilai transfer dan durasi kontrak, Fabinho dikabarkan ditebus dari The Reds dengan biaya transfer mencapai 40 juta poundsterling. Mantan gelandang AS Monaco itu disebut akan menandatangani kontrak berdurasi tiga tahun bersama Al Ittihad. 

Berselang beberapa jam pascaunggahan Al Ittihad tersebut, Fabinho pun meunggah pesan perpisahan buat Liverpool via akun media sosialnya. Selain mengucapkan terima kasih atas dukungan selama lima musim memperkuat The Reds, Fabinho juga mengungkapkan momen terbaiknya saat mengenakan seragam The Reds. 

''Hari ini, saya meninggalkan rumah. Terima kasih untuk Liverpool. Saya mencapai permainan terbaik dan tampil di Piala Dunia. Terima kasih Liverpool. Saya melakoni salah satu pertandingan terbaik, saat comeback atas Barcelona (di semifinal Liga Champions musim 2019/2020). Momen itu akan selalu dalam ingatan saya,'' kata Fabinho seperti dikutip The Guardian. 

Pengoleksi 29 caps buat Timnas Brasil itu mulai memperkuat Liverpool pada 2018 silam. Saat itu, Liverpool mendatangkan Fabinho dari AS Monaco dengan nilai transfer sebesar 39 juga poundsterling. Selama lima musim memperkuat Liverpool, Fabinho telah tampil di 219 pertandingan di semua ajang dan menyumbang 11 gol. 

Satu trofi Liga Primer Inggris, satu trofi Piala FA, sebiji gelar juara Piala Liga Inggris, satu gelar juara Liga Champions, trofi Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antar klub menjadi persembahan Fabinho buat Liverpool. Dengan keputusan hijrah ke Al Ittihad, Fabinho menjadi pemain kedua di skuad Liverpool yang hijrah ke klub asal Arab Saudi. 

Sebelumnya, Jordan Henderson sepakat meninggalkan The Reds dan merapat ke Al Ettifaq. Fabinho sekaligus menjadi pemain bintang ketiga yang telah didatangkan Al Ittihad pada jendela transfer musim panas tahun ini. Kehadiran Fabinho melengkapi keberhasilan Al Ittihad mendatangkan Karim Benzema dan N'Golo Kante. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement