Selasa 01 Aug 2023 14:56 WIB

Bakal Jadi Bek Termahal Dunia, Gvardiol Dianggap Kovacic Layak Berkostum Man City

Manchester City bisa menjadikan Gvardiol sebagai bek termahal sepanjang masa.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto
Bek timnas Kroasia dan RB Leipzig, Josko Gvardiol, yang diincar Manchester City.
Foto: AP Photo/Andreas Gora
Bek timnas Kroasia dan RB Leipzig, Josko Gvardiol, yang diincar Manchester City.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Mateo Kovacic punya pandangan menarik untuk kompatriotnya di timnas Kroasia, Josko Gvardiol. Kovacic mengeklaim musim panas ini adalah waktu yang tepat untuk Gvardiol berlabuh ke Manchester City.

"Tentu saja saya ingin Gvardiol bergabung," kata Kovacic kepada wartawan seperti dikutip dari The Express, Selasa (1/8/2023).

Baca Juga

Pamor Gvardiol melonjak tinggi setelah tampil apik bareng Kroasia di Piala Dunia 2022 Qatar. Hasilnya, ia sukses membawa the Blazer finis di peringkat ketiga.

Berkat performanya pelatih Man City, Pep Guardiola, kepincut untuk membawa bek tengah angkat koper dari klub Bundesliga Jerman, RB Leipzig, musim panas ini.

Sementara Kovacic, yang merupakan teman dekat Gvardiol, meyakini bek berusia 21 tahun itu siap untuk mengambil langkah selanjutnya dalam kariernya dan berharap segera mengamankan kepindahan ke Etihad.

"Saya tahu dia masih sangat muda dan memiliki potensi besar. Dia bisa datang ke sini, belajar, dan menjadi versi terbaik dari dirinya sendiri, seperti yang dia inginkan," sambung Kovacic.

Laporan awal bulan ini mengeklaim, Man City telah mencapai kesepakatan untuk menandatangani Gvardiol dan pemain telah menyelesaikan bagian pertama tes medis.

Akan tetapi, bos Leipzig Marco Rose dan direktur olahraga Max Eberl menepis anggapan bahwa kesepakatan telah tercapai dan kedua klub masih dalam negosiasi, dengan Die Roten Bullen diduga menetapkan tenggat waktu hingga 12 Agustus bagi the Citizens untuk menyetujui biaya transfer.

Diperkirakan Man City akan diminta untuk memenuhi penebusan Leipzig sebesar 100 juta euro, yang menjadikan Gvardiol sebagai bek termahal sepanjang masa.

Kovacic menjelaskan keputusan akhir tentu berada pada manajemen klub. Bukan haknya untuk berkomentar apakah itu akan terjadi atau tidak.

"Saya jelas menyukainya karena saya berteman baik dengannya dan dia orang Kroasia. Dia sudah memainkan banyak pertandingan besar dan saya pikir dia siap untuk langkah ini," kata eks penggawa Inter Milan dan Real Madrid.

Gvardiol secara luas dianggap sebagai salah satu bek prospek paling cemerlang di dunia sepak bola dan telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir bersama Leipzig pun timnas Kroasia.

Bek berkaki kidal, yang dapat beroperasi sebagai bek tengah dan bek kiri, telah bermain 87 kali di semua kompetisi untuk Leipzig sejak bergabung dari Dinamo Zagreb pada 2020, dan telah memenangkan DFB-Pokal berturut-turut dalam dua musim terakhir.

Man City dinilai perlu segera merampungkan transfer Gvardiol. Pasalnya, tim seteru Liverpool terus memantau perkembangan sang pemain dan bersiap melakukan overtake andai the Eastland acap larut dalam diplomasi dengan RB Leipzig.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement