Kamis 03 Aug 2023 16:01 WIB

Musim 2024, Alex Rins akan Gabung dengan Tim yang Pernah Bikin Sukses Valentino Rossi

Rins akan bermitra dengan Fabio Quartararo menggantikan posisi Franco Morbidelli.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto
Pembalap MotoGP asal Spanyol, Alex Rins, dari LCR Honda Castrol. Musim 2024 mendatang, Alex Rins akan pindah ke tim Monster Yamaha.
Foto: EPA-EFE/FAZRY ISMAIL
Pembalap MotoGP asal Spanyol, Alex Rins, dari LCR Honda Castrol. Musim 2024 mendatang, Alex Rins akan pindah ke tim Monster Yamaha.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Alex Rins secara resmi telah diumumkan sebagai pembalap baru tim Monster Yamaha untuk kampanye musim MotoGP 2024 mendatang. Nantinya, Rins akan bermitra dengan Fabio Quartararo menggantikan posisi Franco Morbidelli.

Pemenang balapan lima kali untuk tim Suzuki, Rins, beralih ke LCR Honda musim ini setelah pabrik Hamamatsu tersingkir dari MotoGP dan secara sensasional meraih kemenangan pertamanya untuk Honda di COTA.

Baca Juga

"Kami senang Alex Rins bergabung dengan line-up Yamaha, dan kami menyambutnya dengan hangat di tim Motor Yamaha," kata Managing Director Yamaha Racing, Lin Jarvis, dilansir Crash, Kamis (3/8/2023).

Kontrak Alex Rins dengan Honda pada dasarnya baru habis pada akhir 2024. Tetapi, diketahui bahwa ia memilih keluar apabila tim pabrikan rival mengajukan tawaran.

Lin Jarvis berharap Alex Rins dapat menjadi andalan Yamaha bersama Fabio Quartararo lantaran ia memiliki pengalaman yang luas di dunia MotoGP. Quartararo pernah membawa Yamaha juara pada 2021.

Tim Yamaha juga pernah dibela legenda MotoGP, Valentino Rossi. Bersama tim Yamaha, Rossi meraih empat gelar juara dunia pada 2004, 2005, 2008, dan 2009.

"Dia sudah memiliki pengalaman dengan dua pabrikan MotoGP lainnya dan telah mengendarai motor dengan karakteristik yang mirip dengan YZR-M1, yang akan membantunya beradaptasi dengan cepat pada motor kami," sambung Lin Jarvis.

Rins akan menghabiskan sisa musim ini bersama LCR Honda sebelum bertandem dengan Fabio Quartararo pada tahun depan. Pembalap Spanyol itu menjadi satu-satunya penunggang Honda yang mampu memenangi balapan di musim ini saat merajai seri Austin. Meski begitu, Rins frustrasi karena merasa kurang didukung Honda.

Saat ini Alex Rins sedang memulihkan diri dari cedera patah kaki sehingga masih akan absen di MotoGP Inggris akhir pekan ini. Yamaha menyambut Rins sembari mengharapkan adaptasi yang lebih cepat dengan motor M1.

"Alex telah absen dari paddock MotoGP untuk sementara waktu karena cedera yang dideritanya di Mugello, tetapi kami yakin dia pulih sepenuhnya dan mempercepat musim 2024. Kami sangat menantikan untuk bekerja dengannya," kata Lin Jarvis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement