Selasa 01 Aug 2023 17:48 WIB

Curhatan Alex Rins Saat dalam Masa Pemulihan Setelah Kecelakaan di Mugello

Rins mengalami dua patah tulang tibia dan dua patah tulang fibula di kaki kanan.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto
Pembalap MotoGP dari tim LCR Honda, Alex Rins, terjatuh dari motornya.
Foto: Thoudy Badai
Pembalap MotoGP dari tim LCR Honda, Alex Rins, terjatuh dari motornya.

REPUBLIKA.CO.ID, ANDORRA -- Pembalap LCR Honda, Alex Rins, baru saja mendapat cobaan berat. Pada Juni 2023 lalu, ia mengalami kecelakaan saat memacu motornya di Sirkuit Mugello.

Kini Rins dalam proses pemulihan. Ia tak bisa menikmati liburan musim panas. Ia sudah pasti melewatkan GP Silvestone di Inggis, pada akhir pekan nanti.

Baca Juga

Sosok kelahiran Barcelona itu menceritakan proses singkat dirinya menyentuh aspal di Mugello. Ia sempat berduel dengan rider Aprilia Racing, Aleix Espargaro.

"Saya lebih agresif dengan gas. Saya melayang dan mengalami nasib buruk sehingga saya mendarat dalam kondisi berlutut," kata Rins dikutip dari crash.net, Selasa (1/8/2023).

Rins mengalami dua patah tulang tibia dan dua patah tulang fibula. Semuanya di kaki kanan. Rins dioperasi sebanyak dua kali. Total ia berada di rumah sakit Florence, dan Madrid, selama 16 hari.

Rins berada di situasi tak biasa. Ia lebih banyak berbaring di tempat tidur. Bukan periode yang mudah baginya. "Mereka menyuruh saya menggunakan kursi roda untuk menghindari peradangan," ujar dia.

Rins terus berproses agar segera pulih. Ia berolahraga di gym secara teratur di pagi hari. Setelahnya, ia menjalani terapi.

Rins bahkan menikah saat menggunakan kruk dan kursi roda. Pasangannya bernama Alexandra. Tapi itu bukan tahapan paling rumit dalam pemulihannya.

Pembalap asal Spanyol itu mengingat, dirinya kesakitan pascaoperasi. Efek obat bius sudah hilang. Ia benar-benar tersiksa. "Sepanjang hari saya menangis karena sakit," ujar dia menjelaskan.

Pada intinya, kecelakaan tersebut menjadi pukulan berat untuknya. Ia tak sabar untuk segera beraktivitas. Saat ini pembalap 27 tahun itu telah berada di rumahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement