Sabtu 09 Dec 2023 15:06 WIB

Pecco Bagnaia dan Jorge Martin Torehkan Ragam Catatan Menarik pada MotoGP 2023

Pecco Bagnaia menjuarai MotoGP selama dua musim berurutan.

Pembalap Italia yang menjadi juara MotoGP 2023 Francesco Pecco Bagnaia
Foto: EPA-EFE/Ana Escobar
Pembalap Italia yang menjadi juara MotoGP 2023 Francesco Pecco Bagnaia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) dan Jorge Martin (Prima Pramac) membukukan berbagai catatan menarik selama pergelaran MotoGP musim 2023. Dikutip dari statistik resmi MotoGP, Sabtu, kemenangan Pecco Bagnaia di Valencia merupakan kemenangan ke-17 bagi Ducati pada 2023, sekaligus merupakan rekor baru kemenangan terbanyak dalam satu musim kelas primer oleh pabrikan yang sama.

Selain itu, Pecco juga keluar sebagai juara dunia dua kali berturut-turut seperti Marc Marquez dan legenda MotoGP Valentino Rossi.

Baca Juga

Di sisi lain, tidak ada pemenang grand prix beruntun pada musim ini. Musim ini menjadi yang pertama sejak musim pertama pada 1949 tanpa ada pembalap yang meraih kemenangan berturut-turut.

Lebih lanjut, runner up MotoGP 2023 Martin menjadi pembalap dengan kemenangan Sprint terbanyak musim ini dengan total sembilan kemenangan. Ia mengungguli Pecco yang mengoleksi empat kemenangan Sprint, Brad Binder dan Alex Marquez dengan masing-masing dua kemenangan, serta Bezzecchi dan Aleix Espargaro dengan masing-masing satu kemenangan.

Selain itu, Martin menjadi satu-satunya pembalap yang berhasil mencetak poin di setiap Sprint (19 Sprint), termasuk di dalamnya ia berhasil berdiri di 14 podium.

Hal menarik lainnya dari musim 2023 adalah sebanyak 15 pembalap atau 68,2 persen dari grid, berhasil naik ke podium grand prix.

Setiap pabrikan pernah naik podium grand prix pada 2023 dan tiga di antaranya telah memenangkan balapan utama. KTM tidak memenangkan satu pun grand prix, tapi memenangi dua balapan Sprint.

Tim Martin, Prima Pramac, menjadi tim independen pertama yang meraih mahkota konstruktor/tim di kelas MotoGP. Martin juga memenangi titel pembalap tim independen terbaik musim ini.

Di sisi lain, terdapat 10 kemenangan untuk tim independen pada 2023 dengan Martin membukukan empat kemenangan, diikuti Marco Bezzecchi (VR46) dengan tiga kemenangan, serta masing-masing satu kemenangan untuk Alex Rins (LCR Honda), Johann Zarco (Prima Pramac), dan Fabio Di Giannantonio (Gresini Racing).

Dari sisi jumlah penonton, tercatat hampir tiga juta orang menghadiri rangkaian acara MotoGP pada 2023. Ini adalah salah satu musim yang paling banyak dihadiri penonton, dengan paruh pertama musim ini mencetak rekor kehadiran baru dengan 1,6 juta penggemar yang menonton langsung.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement