Selasa 05 Dec 2023 15:50 WIB

Meski Hijrah ke Gresini, Marc Marquez Seperti Kacang tak Lupa pada Kulitnya di Honda

Musim ini sekaligus menjadi musim terakhir Marquez bersama Repsol Honda.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Mantan pembalap Repsol Honda, Marc Marquez.
Foto: PA-EFE/CLAUDIO GIOVANNINI
Mantan pembalap Repsol Honda, Marc Marquez.

REPUBLIKA.CO.ID, MOTEGI -- Marc Marquez telah resmi meninggalkan tim pabrikan asal Jepang, Repsol Honda, dan merapat ke tim asal Italia, Gresini Racing. Marquez bahkan sudah melakoni sesi uji coba motor Ducati Desmosedici GP23, yang akan dikendarainya pada MotoGP musim depan, di Sirkuit Valencia, akhir pekan lalu.

Kendati begitu, Marquez kedapatan menghadiri event tahunan Honda, Honda Racing Thanks Day 2023, yang digelar di Sirkuit Twin Ring, Motegi, Jepang. Pembalap asal Spanyol itu bahkan diketahui terbang langsung ke Jepang selang beberapa jam setelah melakoni sesi uji coba di Valencia, Spanyol.

Baca Juga

Honda Racing Thanks Day merupakan acara tahunan yang digelar pabrikan asal Jepang itu untuk mengungkapkan rasa terima kasih terhadap perjuangan para pembalap, baik di kejuaraan dunia motor ataupun mobil, selama satu musim penuh. Honda Thanks Day pun menjadi event penutup Honda di setiap musim balapan.

''Benar-benar merasakan sesuatu yang istimewa setiap kali menghadapi Honda Racing Thanks Day. Terima kasih banyak untuk semuanya, Jepang,'' tulis Marquez dalam unggahan di akun media sosialnya, Selasa (5/12/2023).

Dalam unggahan tersebut, pebalap berusia 30 tahun itu bertemu secara langsung dengan juara Formula 1 (F1) musim ini, Max Verstappen. Pembalap tim Red Bull Racing tersebut tampil dominan di ajang balap mobil paling bergengsi pada musim ini. Tim Red Bull Racing diketahui menggunakan mesin besutan Honda.

Buat Marquez, Sirkuit Twin Ring Motegi menjadi sirkuit yang istimewa. Di sirkuit yang mulai beroperasi pada 1997 itu, Marquez merengkuh podium terakhir sebagai pembalap Repsol Honda, tepatnya saat finish di peringkat ketiga GP Jepang pada musim ini.

Itu menjadi finis terbaik Marquez pada musim ini. Berbagai cedera dan terus mengalami kendala teknis pada mesin motor RC213V membuat Marquez kesulitan untuk bisa bersaing pada MotoGP musim ini dan harus puas finis di peringkat ke-14 klasemen akhir pembalap.

Musim ini sekaligus menjadi musim terakhir Marquez bersama Repsol Honda. Melakoni debut bersama Honda di kelas utama MotoGP pada 2013, Marquez berhasil merenda kesuksesan, termasuk saat enam kali merebut gelar juara dunia kelas utama MotoGP.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement