Kamis 03 Aug 2023 16:28 WIB

Anak Didik Rossi, Morbidelli, Bakal Tinggalkan Yamaha pada Akhir 2023, Bela VR46?

Morbidelli akan merapat ke salah satu pabrikan Eropa, Ducati, VR46, atau Gresini.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto
Pembalap tim Yamaha asal Italia, Franco Morbidelli. Anak didik legenda MotoGP Valentino Rossi ini akan meninggalkan Yamaha pada akhir musim 2023.
Foto: AP/Florian Schroetter
Pembalap tim Yamaha asal Italia, Franco Morbidelli. Anak didik legenda MotoGP Valentino Rossi ini akan meninggalkan Yamaha pada akhir musim 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim Monster Yamaha secara resmi mengumumkan bahwa Franco Morbidelli tidak akan menjadi bagian dari line up pembalap Garpu Tala untuk MotoGP 2024 mendatang.

Kepergian anak didik legenda MotoGP Valentino Rossi itu membuka jalan bagi Alex Rins untuk bergabung dengan Fabio Quartararo di Monster Energy Yamaha musim depan.

Baca Juga

"Yamaha mengumumkan bahwa kemitraannya dengan Franco Morbidelli akan dihentikan pada akhir tahun 2023, ketika Morbidelli akan beralih ke tantangan baru," demikian pernyataan tim dilansir Crash, Kamis (3/8/2023).

Morbidelli pemenang balapan dan runner-up musim 2020 bersama Petronas Yamaha, tetapi tanpa podium sejak dipromosikan ke tim pabrikan setelah mengisi kepergian Maverick Vinales pada pertengahan 2021 lalu.

Nantinya Morbidelli diklaim akan merapat ke salah satu pabrikan asal Eropa yaitu Ducati, VR46, Aprilia, atau Gresini. VR46 adalah tim milik guru Morbidelli, Valentino Rossi.

Pembalap Italia berusia 28 tahun itu akan menuju MotoGP Inggris akhir pekan ini di posisi ke-11 dalam klasemen pembalap, tetapi hanya tertinggal dua tempat di belakang rekan setimnya, Quartararo.

Singkat kata pihak Yamaha Motor Racing, pun Monster Energy Yamaha MotoGP semuanya berterima kasih atas kontribusi, motivasi yang tidak pernah berkurang, dan pola pikir positif yang selalu diberikan Morbidelli.

"Kami berharap dapat berbagi lebih banyak momen berkesan di sisa 12 putaran MotoGP 2023. Yamaha Motor mendoakan yang terbaik bagi Morbidelli," sambung pernyataan itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement