Jumat 04 Aug 2023 02:29 WIB
...

Hari Terakhir Rossi di MotoGP, dari Tom Cruise, Nadal, Sampai Ronaldo Merasa Kehilangan

Valentino Rossi membuat ajang MotoGP kian menyentuh banyak kalangan.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto
Pembalap MotoGP asal Italia, Valentino Rossi, berkonsentrasi di pitlane sebelum balapan profesional terakhirnya di Valencia, Spanyol, Ahad (14/11/2020).
Foto: EPA-EFE/Kai Foersterling
Pembalap MotoGP asal Italia, Valentino Rossi, berkonsentrasi di pitlane sebelum balapan profesional terakhirnya di Valencia, Spanyol, Ahad (14/11/2020).

REPUBLIKA.CO.ID, URBINO -- Pada 14 November 2021, Valentino Rossi membuat keputusan penting. Ia resmi pensiun dari ajang balap motor profesional.

Rossi finis di urutan ke-10 pada balapan MotoGP terakhirnya yang berlangsung di Spanyol. Puluhan ribu pasang mata di arena, tidak lagi terfokus pada hasil lomba. Semua memikirkan the Doctor.

Baca Juga

Pemenang balapan GP Valencia 2021, Fransesco Bagnaia dan para pembalap lainnya, mengikuti Rossi dari belakang. Veteran asal Italia itu berhenti di depan tribun. Ia memberi hormat kepada para penggemarnya.

Itulah contoh gambaran pesona sosok yang juga identik dengan nomor 46 tersebut. Ia tidak hanya berprestasi di lintasan. Ia juga berkharisma.

Rossi dihormati penggemar, lawan, atlet dari cabang olahraga lain, dan selebriti. Semua merasa kehilangan. Ia dibiarkan berlama-lama melintasi sirkuit sebagai salam perpisahan di pengujung petualangannya tersebut.

"Satu-satunya hal yang relevan hari ini adalah memberikan hadiah kepada Vale. Saya ingin mendedikasikan hasil balapan ini untuk Vale dan berterima kasih atas apa yang telah dia lakukan untuk kami," kata Bagnaia yang saat itu mengenakan helm bernomor punggung 46, dikutip dari ESPN.

Sosok yang akrab dipanggil Pecco itu sangat menghormati Rossi. Ada banyak faktor menjadi penyebab. Mereka sama-sama berasal dari Italia.

Peco anak didik Rossi secara resmi. Seseorang yang turut menimba ilmu di VR46. Lebih jauh lagi, ia mengetahui pengaruh seniornya tersebut di dunia balap motor profesional.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement