Jumat 04 Aug 2023 21:41 WIB

Porprov XVI Jateng Dimulai, Gubernur Ajak Jadikan Sebagai Ajang Atlet Unjuk Kebolehan

Penyelenggaraan Porprov XVI Jateng dilaksanakan di beberapa wilayah.

Ilustrasi cabor voli putri di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XVI.
Foto: www.freepik.com
Ilustrasi cabor voli putri di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XVI.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengajak atlet untuk memperlihatkan kemampuan dan menunjukkan prestasinya dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XVI. Ganjar akan membuka secara resmi ajang itu di Stadion Joyo Kusumo, Pati Sabtu (5/8).

“Porprov XVI Jateng akan kita jadikan momentum, ya, untuk mendorong atlet-atlet dari Jawa Tengah, dari seluruh kabupaten/kota untuk unjuk prestasi,” kata Ganjar saat menerima Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) di Puri Gedeh, Kota Semarang, Jateng, Jumat (4/8/2023).

Baca Juga

Penyelenggaraan Porprov XVI Jateng dilaksanakan di Kabupaten Blora, Kudus, Grobogan, Jepara, Rembang dan Pati. Adapun daerah penyangga di antaranya Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Magelang, dan Kota Surakarta.

Lewat ajang olahraga seperti ini, Ganjar ingin memberikan ruang seluas-luasnya bagi para atlet untuk meraih banyak kemenangan. Seperti atlet disabilitas dari Special Olympics Indonesia atau SOIna yang baru pulang bertanding di ajang internasional di Berlin.

“Ini teman-teman dari KONI sudah menyiapkan dan tentu saja beberapa cerita yang mendampingi terkait dengan olahraga itu menyenangkan,” kata Ganjar.

Dalam rangka memberikan kesempatan kepada atlet untuk mengembangkan diri, Ganjar pun memotivasi para atlet agar bisa terus menunjukkan performa terbaiknya saat bertanding.

“Sehingga prestasi-prestasi yang muncul baik di tingkat nasional maupun internasional yang berasal dari Jawa Tengah menurut saya perlu ditampilkan agar ini menjadi bagian yang bisa memberikan motivasi para atlet yang lain,” ujar dia.

Di Jateng sendiri, akhir pekan ini banyak ajang olahraga yang digelar. Selain Porpov XVI Jateng, perhelatan Tour de Borobudur pada Sabtu (5/8) dan Minggu (6/8) juga akan turut berlangsung.

“Rasa-rasanya besok itu menjadi hari yang full olahraga. Mudah-mudahan ini bagian dari rangsangan atlet-atlet kita untuk makin berprestasi dan kita perhatian. Sekali lagi, pemerintah perhatian pada para atlet,” kata dia.

Adapun Rangkaian Porprov XVI Jateng Pati Raya dimulai sejak 2 Agustus 2023 yang ditandai dengan pengambilan Api Abadi Mrapen yang dikirabkan. Sementara Opening Ceremony Porprov akan dihelat pada Sabtu (5/8/2023).

Jumlah atlet yang akan bertanding sebanyak 7.735 dari 35 kontingen kabupaten/kota di Jateng. Ada 57 cabor yang dipertandingkan dengan 70 disiplin cabor dan 862 nomor. Ada juga dua cabor eksibisi dengan 17 nomor dipertandingkan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement