Ahad 06 Aug 2023 18:16 WIB

Hadapi City di Laga Community Shield, Arteta: Mereka Masih Jadi Klub Terbaik di Eropa

Nanti bisa menjadi ajang balas dendam untuk Arsenal.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pelatih Arsenal FC Mikel Arteta.
Foto: EPA-EFE/ETIENNE LAURENT
Pelatih Arsenal FC Mikel Arteta.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih Arsenal, Mikel Arteta, mengakui harus ada standar tertentu yang harus dipenuhi anak-anak asuhnya untuk bisa mengalahkan Manchester City. The Gunners akan menjadi pelakon dalam laga pembuka sepak bola Inggris musim 2023/2024, tepatnya saat berduel dengan City di partai Community Shield, Ahad (6/8/2023) malam WIB. 

Di laga yang bakal digelar di Stadion Wembley, London, tersebut, Arsenal akan datang sebagai runner-up Liga Primer Inggris musim lalu. Biasanya, laga Community Shield mempertemukan kampiun Liga Primer Inggris dan juara Piala FA pada musim sebelumnya. 

Baca Juga

Namun, pada musim lalu, City menjadi raja di dua kompetisi domestik Inggris tersebut. Laga ini sekaligus menjadi pertemuan pertama antara kedua tim usai bersaing ketat di Liga Primer Inggris musim lalu. Kegagalan menjaga konsistensi raihan hasil maksimal dalam dua bulan terakhir Liga Primer Inggris membuat Arsenal harus rela melihat City mempertahankan titel gelar juara Liga Primer Inggris. 

Kendati harus rela menerima kegagalan musim lalu, Arteta menyebut, penampilan pada musim lalu menjadi acuan buat The Gunners untuk bisa tampil lebih baik pada musim ini. Laga Community Shield, ujar Arteta, dapat menjadi pembuktian awal tekad The Gunners untuk bisa tampil lebih baik. 

Namun, Arteta tetap mengakui, laga kontra City tidak akan pernah muda. Tim besutan Pep Guardiola tersebut, ujar Arteta, masih menjadi salah satu tim terbaik di Eropa pada saat ini. Keberhasilan City meraih tiga trofi pada musim lalu menjadi penegasan terhadap status tersebut.

"Ini yang kami inginkan, mencoba meraih trofi dan kemenangan. Laga ini menjadi pembuktian kami. Apa yang kami lakukan pada musim lalu ternyata belum cukup. Kami harus bisa lebih baik. Kami akan menghadapi tim yang ingin dikalahkan. Mereka adalah tim terbaik di Eropa, dan kami tahu standar permainan seperti apa yang harus kami tunjukan di laga itu,'' kata Arteta seperti dilansir Sky Sports, Ahad (6/8/2023). 

Arsenal rasanya tidak main-main untuk bisa bersaing di papan atas Liga Primer Inggris. Tiga pemain anyar telah didatangkan The Gunners. Klub asal London Utara itu bahkan sudah menggelontorkan total dana transfer mencapai 208 juta poundsterling dalam mendatangkan tiga pemain tersebut. 

Selain Kai Havertz, Arsenal juga telah merekrut Declan Rice dan Jurrien Timber. Bahkan, dengan biaya transfer mencapai 116 juta euro, Rice, yang direkrut Arsenal dari West Ham United, memecahkan rekor sebagai pemain Inggris termahal di sepanjang sejarah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement