Selasa 08 Aug 2023 09:38 WIB
...

Komentar Marc Marquez yang Isyaratkan Patah Hati pada Honda

Sebelumnya, Marquez menegaskan kembali komitmennya kepada Honda untuk tahun 2024.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Pembalap MotoGP asal Spanyol dari tim Repsol Honda, Marc Marquez.
Foto: EPA-EFE/TIM KEETON
Pembalap MotoGP asal Spanyol dari tim Repsol Honda, Marc Marquez.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Marc Marquez membuat komentar tidak biasa di MotoGP yang mengisyaratkan kerapuhan baru sang juara dunia delapan kali tersebut.

Sebelum balapan dimulai di Silverstone, Inggris, akhir pekan lalu, Marquez ditanya oleh TNT Sports, "Ada potensi untuk balapan flag to flag hari ini, Anda adalah yang terbaik di dunia yang pernah kami lihat dalam hal itu. Apakah Anda berharap ada sedikit curah hujan?"

Baca Juga

Marquez menjawab, "Saya memang yang terbaik, tapi..."

Ini adalah komentar yang cukup mengejutkan dari bintang tim Repsol Honda tersebut, terutama mengingat ia biasanya berterus terang tentang mentalitas brutalnya di lintasan. Hal ini menunjukkan adanya kelembutan yang baru ditemukan, yang menjadi kekhawatiran utama bagi tim Honda.

Sebelumnya, Marquez menegaskan kembali komitmennya kepada pabrikan Jepang untuk tahun 2024, meskipun ada rumor yang terus beredar bahwa ia mungkin akan keluar dan pindah ke tempat lain untuk mencari motor yang lebih kompetitif.

Melalui beberapa tahun yang buruk, Honda semakin terpuruk di Silverstone. Marquez dan rekan setimnya di Repsol Honda, Joan Mir, gagal menyelesaikan balapan.

Ini berarti, jika digabungkan, keduanya hanya menyelesaikan satu balapan MotoGP sepanjang tahun 2023. Itu terjadi pada putaran pertama di Portimao, ketika Mir berada di urutan ke-11. Ini adalah statistik yang mengejutkan bagi tim yang mengantarkan Marquez menjadi juara MotoGP 2019.

Jika menambahkan fakta keluarnya Alex Rins dengan cepat, setelah hanya setengah musim termasuk kemenangan mengejutkan di Grand Prix Amerika dan patah kaki, dia telah mengkonfirmasi bahwa dia akan pindah ke Yamaha untuk tahun 2024. Tentu Honda berada dalam kekacauan.

Dikutip dari Crash, Selasa (8/8/2023), Marquez tampil sangat berbeda di Silverstone. Mungkin sikap barunya yang senang berbaur dengan kelompok pembalap papan tengah adalah taktik yang masuk akal. Ia menegaskan bahwa prioritasnya di sisa musim 2023 adalah mengembangkan motor yang mampu bersaing di posisi terdepan pada tahun 2024.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement