Selasa 08 Aug 2023 19:07 WIB

Timnas Basket Indonesia Diperkuat 11 Pemain ke Pra-Kualifikasi Olimpiade

Sejumlah nama baru memperkuat timnas basket Indonesia.

Point guard Yudha Saputera akan memimpin serangan timnas basket Indonesia pada laga prakualifikasi Olimpiade 2024 Zona Asia di Suriah.
Foto: Perbasi/Ariya Kurniawan
Point guard Yudha Saputera akan memimpin serangan timnas basket Indonesia pada laga prakualifikasi Olimpiade 2024 Zona Asia di Suriah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas basket Indonesia diperkuat 11 pemain untuk menghadapi laga prakualifikasi Olimpiade 2024 di Suriah mulai 12 Agustus. Tim yang akan dipoles oleh Milos Pejic ini diisi Yudha Saputera, Widyanta Putra Teja, Althof Dwi Satrio, Mohamad Arighi, Juan Laurent, Kelvin Sanjaya, Marques Bolden, dan Hendrick Xavi Yonga. Kemudian ada pemain pendatang baru di timnas Indonesia untuk ajang internasional, yaitu Antoni Erga, Reza Guntara, dan Pandu Wiguna.

Menurut manajer timnas basket Indonesia Jeremy Imanuel Santoso, 11 pemain ini akan terbang ke Suriah pada 9 Agustus 2023. Penerbangan menuju Beirut, Lebanon kemudian berlanjut menggunakan bus ke Damaskus.

Baca Juga

"Perjalanan darat kurang lebih dua jam. Estimasinya para pemain akan sampai di Lebanon jam 9 malam," kata Jeremy dalam keterangan resmi Perbasi. 

Kiprah di Suriah ini adalah langkah pertama Indonesia menuju Olimpiade 2024 Paris. Jika menang dalam Pra Kualifikasi Olimpiade ini, Timnas Indonesia akan lolos ke babak Kualifikasi Olimpiade tahun depan sebagai perwakilan Asia.

"Ini turnamen penting untuk kita," kata Jeremy. 

Jeremy menjelaskan terkait nama-nama yang dipanggil dalam ajang ini. Saat ini, mereka adalah pemain terbaik yang pas untuk bawa nama Indonesia di Suriah menyusul banyaknya pemain cedera. Pada saat yang sama, regulasi hanya membolehkan setiap kontestan diperkuat satu pemain naturalisasi. 

"Pemain dengan status cedera Agassi Goantara, Arki Dikania Wisnu, Andakara Prastawa, dan Brandon Jawato. Vincent Kosasih sedang menjalani operasi lasik," jelasnya.

Kemudian ada beberapa pemain tidak dapat bergabung karena alasan personal. Kondisi ini memberikan kesempatan bagi para pemain yang selama ini belum dipanggil timnas untuk unjuk kemampuan.

"Ajang ini momentum pemain yang belum pernah dipanggil timnas seperti Antoni Erga, Pandu Wiguna, dan Reza Guntara untuk memberikan kontribusi dan memperlihatkan kemampuan di level internaisonal,” ujar Jeremy.

Pra Kualifikasi Olimpiade 2024 Zona Asia dibagi ke dalam dua grup. Indonesia berada di Grup B bersama Suriah sebagai tuan rumah, Kazakhstan, dan Arab Saudi. Sementara Grup A diisi Korea Selatan, Taiwan, India, dan Bahrain. Pertandingan berlangsung pada 12-20 Agustus 2023.

11 Pemain Timnas Basket pada Pra Kualifikasi Olimpiade 2024 di Suriah

1.Yudha Saputera 

2.Widyanta Putra Teja

3.Antoni Erga

4.Althof Dwi Satrio

5.M Arighi

6.Reza Guntara 

7.Pandu Wiguna 

8.Juan Laurent 

9.Kelvin Sanjaya

10.Hendrick Xavi Yonga

11. Marques Bolden

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement