Kamis 10 Aug 2023 05:24 WIB

Joan Capdevila Sebut Debut di Espanyol Jadi Laga Paling Berkesan

Capdevila mencatatkan penampilan pertama bersama Espanyol pada 31 Oktober 1998.

Logo klub Liga Spanyol, Espanyol.
Foto: oleole.com
Logo klub Liga Spanyol, Espanyol.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Legenda sepak bola Spanyol, Joan Capdevila, menyebut debut di tim utama klub sepak bola pertamanya, RCD Espanyol, adalah laga paling berkesan sepanjang kariernya. Capdevila mencatatkan penampilan pertama bersama tim utama Espanyol pada 31 Oktober 1998 saat melawan Athletic Club Bilbao dengan skor akhir 2-2 pada ajang La Liga Spanyol.

Saat itu usia Capdevila menginjak 20 tahun delapan bulan 28 hari, demikian dilansir dari Transfermarkt.

Baca Juga

“Pertandingan terpenting saya adalah debut pertama saya divisi pertama. Saya memiliki kesempatan debut dengan tim saya Espanyol. Itu adalah hari di mana saya memenuhi mimpi,” kata Capdevila saat hadir dengan memberikan video secara virtual pada acara menyambut kick-off La Liga 2023/2024 di kawasan Jakarta Selatan, Rabu (9/8/2023). “Saya percaya itu impian setiap anak untuk bermain di divisi pertama. Dan debut itu akan ada di pikiran saya seumur hidup karena itu momen hidup saya bersama Espanyol.”

Sejak debutnya pada Oktober 1998, Capdevila tampil rutin dengan mencatatkan 37 penampilan pada semua ajang resmi dengan melesatkan empat gol sebelum kemudian hijrah ke Atletico Madrid pada Juli 1999.

Capdevila kemudian kembali lagi memperkuat tim yang bermarkas di Stadion Cornella-El Prat itu pada Juli 2012, ketika usai dari Benfica. Capdevila memperkuat tim masa mudanya tersebut selama dua musim dengan catatan tampil sebanyak 37 kali di ajang La Liga dan Copa del Rey.

Dalam kesempatan yang sama, pria kelahiran 3 Februari 1978 itu lalu menyinggung pesepak bola Asia di kancah sepak bola Eropa, khususnya di Spanyol.

Menurut Capdevila, bakat-bakat pemain Asia tidak diragukan, terlebih kini telah banyak pemain-pemain dari Asia yang merumput di klub top Eropa seperti Son Heung-min di Tottenham Hotspur, Kim Min-jae di Bayern Muenchen, dan Kang-in Lee di Paris Saint-Germain.

Di La Liga Spanyol musim ini hanya ada satu pemain Asia yang merumput yaitu Tafekusa Kubo dari Real Socieded. Capdevila lalu membuktikan bahwa pemain-pemain Asia pernah cukup sukses di La Liga Spanyol seperti dua mantan pemain Espanyol yaitu Shunsuke Nakamura (Jepang) pada Juli 2009 sampai Februari 2010 dan Lei Wu (hina) pada Januari 2019 sampai Agustus 2022.

Keduanya cukup sukses berkarier di Espanyol di mana Nakamura mencatatkan 15 kali penampilan pada semua ajang dan mencetak satu assist, sedangkan Lei Wu tampil sebanyak 126 kali pada semua ajang dengan 16 gol dan enam assists.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement