Kamis 10 Aug 2023 10:12 WIB

Kaget dengan Keluarnya Alex Rins, Marc Marquez: Padahal Honda Punya Motor Bagus!

Rins absen di GP Inggris karena masih menjalani rehabilitasi kakinya yang patah.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Pembalap MotoGP asal Spanyol, Alex Rins, dari LCR Honda Castrol. Musim 2024 mendatang, Alex Rins akan pindah ke tim Monster Yamaha.
Foto: EPA-EFE/FAZRY ISMAIL
Pembalap MotoGP asal Spanyol, Alex Rins, dari LCR Honda Castrol. Musim 2024 mendatang, Alex Rins akan pindah ke tim Monster Yamaha.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Marc Marquez menjelaskan keterkejutannya atas keluarnya sesama pembalap Honda, Alex Rins. Rins, pembalap tim LR Honda, akan menukar kursi satelitnya dengan kursi pabrikan pada 2024 saat ia bergabung dengan Yamaha sebagai pengganti Franco Morbidelli.

Hal ini akan mengakhiri masa-masa singkat Rins di Honda yang memuncak dengan kemenangannya di Grand Prix Amerika Serikat, tetapi juga termasuk cedera patah kaki yang membuatnya absen di MotoGP Inggris akhir pekan ini.

Baca Juga

Marquez, pembalap Repsol Honda, ditanyai tentang kepergian Rins dan memberikan jawabannya.

"Saya menjalani wawancara, mereka bertanya kepada saya tentang rumor ini. Saya berkata 'Saya rasa tidak' karena Rins memenangkan balapan dan dia berkata 'ini motor yang bagus'. Jadi saya tidak menyangka kepindahan ini. Tapi kemudian sehari setelahnya!" Kata Marquez dikutip dari Crash, Kamis (10/8/2023). "Saya turut senang untuknya, ini adalah langkah yang bagus, dia pindah dari tim satelit ke tim pabrikan. Yamaha memiliki kekuatan dan energi dari masa lalu."

Rins absen di GP Inggris karena masih menjalani rehabilitasi kakinya yang patah. Honda mengalami akhir pekan yang menyedihkan tanpa dirinya.

Pengganti Rins, Iker Lekuona, dan sesama pembalap LCR, Takaaki Nakagami, berada di dua posisi terakhir di garis finis. Marquez dan rekan setimnya di Repsol Honda, Joan Mir, mengakhiri balapan lebih awal di GP Inggris.

Sementara itu, Johann Zarco muncul sebagai pesaing utama untuk menggantikan Rins di LCR Honda musim depan. Ia menyambut baik ide tersebut dan menyatakan bahwa hal tersebut merupakan sebuah kehormatan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement