Kamis 10 Aug 2023 17:07 WIB

Kiper Legendaris MU Sebut Arteta Bakal Ciptakan Suasana Buruk di Ruang Ganti Arsenal

Raya akan bersaing dengan Ramsdale untuk menjadi kiper nomor satu Arsenal.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto
Mantan kiper Manchester United (MU) Peter Schmeichel kritik pelatih Arsenal, Mikel Arteta.
Foto: EPA-EFE/MARIO CRUZ
Mantan kiper Manchester United (MU) Peter Schmeichel kritik pelatih Arsenal, Mikel Arteta.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Mantan penjaga gawang Manchester United, Peter Schmeichel, mengkritik keputusan pelatih Arsenal, Mikel Arteta, perihal David Raya. Arteta mendorong klubnya untuk mendatangkan kiper Brentford FC itu.

Kesepakatan sudah tercapai di angka 30 juta pounds. Awalnya, Raya bergabung sebagai pemain pinjaman. Pada tahapan ini, the Gunners mengeluarkan tiga juta pounds.

Baca Juga

Pada musim panas tahun depan, Arsenal memiliki opsi untuk membeli pria Spanyol itu secara permanen. Jika semua berjalan lancar, kubu Gudang Peluru mengirimkan dana sisanya, yakni 27 juta pounds. Pada hari ini, Kamis (10/8/2023), eks Blackburn Rovers dijadwalkan menjalani tes kesehatan di klub barunya.

Setelahnya, berlanjut ke panandatanganan kontrak. Raya akan bersaing dengan Aaron Ramsdale untuk menjadi penjaga gawang nomor satu di Arsenal. Arteta menginginkan persaingan ketat di setiap posisi.

Schmeichel menilai keputusan Arteta kurang tepat. Ketika sebuah tim memiliki dua kiper tangguh, bisa menciptakan suasana buruk di ruang ganti. Ia tidak bisa memahami jalan pikiran juru taktik asal Spanyol itu.

"Apa yang Anda lakukan adalah Anda menaruh banyak rasa tidak nyaman pada mereka berdua. Anda juga berpotensi menciptakan suasana yang buruk di ruang ganti karena ini adalah persaingan langsung antara dua orang yang akan bermain atau tidak bermain," kata legenda hidup Man United itu, dikutip dari metro.co.uk, Kamis (10/8/2023).

Schmeichel menjelaskan, perebutan posisi penjaga gawang sedikit berbeda dengan persaingan di area lain. Hanya ada satu orang yang akan terus dipercaya di sebagian besar kampanye. Itu membutuhkan kestabilan.

Sementara, keduanya memiliki kemampuan di level yang sama. Lalu siapa yang rela cuma menjadi penonton? Arteta bakal menghadapi dinamika tersebut.

"Saya tidak mengerti, seorang pelatih sampai pada kesimpulan bahwa menciptakan kompetisi untuk posisi (kiper utama), adalah hal luar biasa," ujar Schmeichel.

Ini konteksnya tentang dua sosok yang sama-sama layak menjadi starter. Dalam dua tahun terakhir, Ramsdale tak tergantikan di bawah mistar gawang Arsenal. Ia mentas di 79 laga di berbagai ajang.

Teranyar, Ramsdale ikut membawa timnya meraih trofi Community Shield 2023. Sementara David Raya berkostum Brentford selama empat musim. Raya total membela the Bees dalam 161 pertandingan di semua kompetisi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement