Senin 14 Aug 2023 22:27 WIB

Saliba Akui Belum Berada dalam Kondisi 100 Persen

Performa William Saliba di lini belakang Arsenal menjadi salah satu sorotan.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Bek Arsenal William Saliba (tengah).
Foto: AP Photo/Armando Franca
Bek Arsenal William Saliba (tengah).

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Arsenal mengawali Liga Primer Inggris musim ini dengan torehan kemenangan. Gol Eddie Nketiah dan Bukayo Saka mengantarkan the Gunners membungkam Nottingham Forest, 2-1, dalam laga yang digelar di Stadion Emirates, akhir pekan lalu.

Selain ketajaman Nketiah, performa William Saliba di lini belakang the Gunners menjadi salah satu sorotan dari laga tersebut. Bek tengah asal Prancis itu mampu memberikan assist dalam gol kedua Arsenal yang ditorehkan Saka pada menit ke-32.

Baca Juga

Saliba juga tampil penuh selama 90 menit dalam laga tersebut. Laga ini sekaligus menjadi laga perdana Saliba di pentas Liga Primer Inggris sejak pertengahan Maret 2023. Bek tengah berusia 22 tahun itu diketahui baru sepenuhnya pulih dari cedera punggung yang menderanya pada paruh kedua musim lalu.

Kendati tampil selama 90 menit dan berhasil mengantarkan Arsenal memetik kemenangan di laga perdana Liga Primer Inggris musim ini, Saliba mengungkapkan belum berada dalam kondisi 100 persen. Namun, mantan bek tengah Saint Ettiene itu mengaku sudah cukup senang bisa kembali ke tim inti the Gunners.

''Saat ini, saya belum berada dalam kondisi 100 persen. Namun, saya siap memberikan apapun untuk bisa kembali. Sudah terlalu lama saya absen. Saya senang sudah bisa kembali ke tim ini. Rekan setim dan staff membantu saya meningkatkan kondisi dan mencapai performa terbaik,'' ujar Saliba seperti dilansir laman resmi klub, Senin (14/8/2023).

Usai tampil impresif saat melakoni masa peminjaman bersama Marseille pada sepanjang musim 2021/2022, Saliba langsung menjelma menjadi andalan the Gunners pada musim lalu. Pemilik delapan caps bersama timnas Prancis itu tampil di 27 partai di Liga Primer Inggris dan membawa the Gunners bersaing secara langsung dalam persaingan gelar juara Liga Primer Inggris.

Namun, cedera punggung yang dialaminya kala merumput di babak 16 besar Liga Europa memaksa Saliba menepi pada pengujung musim lalu. Saliba tercatat absen di 11 laga terakhir di pentas Liga Primer Inggris.

Kehilangan Saliba ini menjadi pukulan berat buat the Gunners. Absennya Saliba ini kerap dianggap menjadi salah satu alasan kegagalan Arsenal bersaing dengan Manchester City dalam perebutan gelar juara Liga Primer Inggris musim lalu.

Sebagai gambaran, saat diperkuat Saliba dalam 27 laga Liga Primer Inggris, the Gunners hanya menelan tiga kekalahan. Namun, di 11 laga tanpa diperkuat Saliba, the Gunners juga menelan tiga kekalahan. Tidak hanya itu, di sepanjang 11 laga tersebut, runner-up Liga Primer Inggris musim lalu itu juga tidak pernah mencatatkan clean sheet.

Kini, Saliba telah pulih dari cedera dan siap kembali menjadi andalan the Gunners pada musim ini. Kemenangan atas Nottingham Forest, ujar Saliba, dapat menjadi modal besar the Gunners untuk bisa mengarungi Liga Primer Inggris musim ini.

''Sangat baik mengawali musim kompetisi dengan kemenangan. Hal ini memberikan kami kepercayaan diri. Kami juga mengawali kompetisi ini dengan baik pada musim lalu. Jadi, kami ingin melanjutkan kemenangan ini di laga-laga berikutnya,'' kata Saliba.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement