Selasa 15 Aug 2023 11:45 WIB

Honda Beri Garansi ke Marc Marquez tak akan Hengkang dari MotoGP

Honda berjanji akan memperbaiki performa motor tunggangan Marc Marquez.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Israr Itah
Pembalap Repsol Honda Marc Marquez memacu motornya di Sirkuit Mugello, Italia (ilustrasi)
Foto: EPA-EFE/CLAUDIO GIOVANNINI
Pembalap Repsol Honda Marc Marquez memacu motornya di Sirkuit Mugello, Italia (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Honda Racing Corporation (HRC) Yasuharu Watanabe memberikan jaminan kepada Marc Marquez bahwa pabrikannya tidak akan hengkang dari MotoGP seperti yang dilakukan Suzuki. Ada kekhawatiran di paddock bahwa Honda akan keluar dari MotoGP setelah mengalami kesulitan musim ini.

Menjawab segala spekulasi tersebut, Yasuharu pun menegaskan Honda tidak akan pergi dari balapan motor paling bergengsi ini. Ia bahkan menjanjikan perbaikan dan peningkatan kecepatan motor serta mesin. Rencana-rencana tersebut telah didiskusikan bersama Marquez.

Baca Juga

"Setiap saya pergi ke situs MotoGP, saya selalu berbicara panjang lebar dengan Marc," ujarnya dilansir dari Crash, Selasa (15/8/2023).

Marquez tampak frustrasi dengan motornya dalam beberapa musim terakhir ditambah dengan masalah kebugaran akibat cedera.  Baby Alien belum pernah naik podium musim ini yang memengaruhi mentalnya. Maka dari itu Yasuharu menjanjikan motor yang dibutuhkan pembalap. 

Yasuharu mengeklaim timnya dan Marquez mempunyai tujuan yang sama. Maka dari itu Yasuharu mengajak Marquez untuk bekerja keras secara bersama-sama hingga akhir musim.

Marquez meraih enam gelar juara MotoGP bersama Honda. Namun kesuksesan itu berubah drastis sejak ia mengalami kecelakaan di Jerez pada 2020. Pembalap asap Spanyol tersebut kesulitan di lintas hingga sekarang.

"Sulit untuk mengidentifikasi penyebabnya, tetapi saya pikir salah satu alasannya adalah karena kami belum mengubah metode kami secara mendasar karena pencapaian kami di masa lalu," katanya.

Yasuharu mengeklaim Honda telah berkembang satu langkah demi langkah. Tetapi pesaing Honda mengubah metode pengembangan secara drastis. Akibatnya pesaing menciptakan langkah besar. Ia mengakui Honda memang sedang buruk dan pada saat bersamaan pesaingnya terus membaik

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement