Jumat 18 Aug 2023 14:23 WIB

Sosok Favorit Fans Arsenal, Santi Cazorla Pulang ke Klub Masa Kecil

Cazorla sendiri bertekad kembali ke Arsenal suatu saat nanti.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Santi Cazorla (kanan) saat masih berseragam Arsenal.
Foto: EPA/Gerry Penny
Santi Cazorla (kanan) saat masih berseragam Arsenal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Santi Cazorla, sosok favorit penggemar Arsenal, semakin disayangi dunia sepak bola setelah transfer terbarunya ke klub masa kecilnya Real Oviedo. Mantan Gunners adalah sosok yang sangat populer tidak hanya di kalangan pendukung setia Emirates tetapi juga bagi banyak penggemar sepak bola di mana-mana dan transfer terbarunya menjelaskan alasannya. 

Cazorla telah menandatangani kontrak satu tahun dengan pakaian Spanyol Oviedo, di mana ia menghabiskan sebagian besar karir mudanya dari tahun 1996 sebelum pindah tahun 2003 ke Villarreal. 

Baca Juga

Cazorla paling dikenang oleh para penggemar Inggris karena masa enam tahunnya sebagai pemain Arsenal, tetapi ia juga mengenakan seragam biru dan putih Malaga serta tiga tugas terpisah di Villarreal dan tiga tahun bersama tim yang berbasis di Qatar, Al-Sadd.

Sementara dia sekarang baik-baik saja dan benar-benar dalam ketukan terakhir dari karir bermainnya pada usia 38 tahun, kepindahan Cazorla ke Oviedo telah memicu banyak pujian karena rincian kesepakatannya. Dia telah bergabung secara gratis dan menerima upah terendah yang diizinkan oleh asosiasi sepak bola Spanyol agar dia dibayar.

Menurut AS, gaji minimum di Divisi Segunda adalah 77.500 euro per tahun, yang akan dibawa pulang Cazorla untuk pekerjaannya selama setahun bersama Oviedo. Mantan pemain Arsenal itu bahkan telah melambaikan hak citranya dan meminta 10 persen dari semua uang tunai dari penjualan bajunya langsung ke akademi klub.

Sebuah pernyataan dari Oviedo menegaskan dalam pernyataannya: "Pesepakbola Carbayón yang baru, yang merindukan para penggemar Oviedista, tiba dengan gratis dan menandatangani kontrak selama satu tahun untuk mengumpulkan gaji profesional minimum yang ditetapkan oleh LaLiga untuk Divisi Dua Spanyol," kata Oviedo dikutip dari Mirror, Kamis (17/8/2023).

"Selain itu, pria dari Lugo de Llanera menyerahkan semua hak citra klub di hatinya dengan satu syarat: 10 persen dari penjualan bajunya akan didedikasikan sepenuhnya untuk investasi di tambang biru. Santi Cazorla tidak akan membuat pernyataan sampai tanggal saat presentasi resminya".

Keputusan Cazorla untuk melanjutkan karir bermainnya untuk satu tahun lagi mengejutkan, karena diyakini oleh sebagian pendukung Gunners bahwa gelandang lincah itu akan gantung sepatu dan kembali ke Emirates dalam kapasitas kepelatihan lebih cepat daripada nanti.

Mantan pemain timnas Spanyol itu sendiri sebelumnya mengaku ingin kembali ke bagian merah London utara suatu hari nanti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement